PERAN KEPALA DESA DALAM ALOKASI DANA DESA DI BIDANG INFRASTRUKTUR

Helda Fitriani

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Desa Banyuasin, Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam mengelola Alokasi Dana Desa khususnya dalam bidang infrastruktur di Desa Kalapeh Baru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran Kepala Desa sudah berjalan dengan baik. Adapun peran Kepala Desa dalam pengelolaan keuangan desa, termasuk Alokasi Dana Desa seperti yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 dalam BAB IV tentang Pengelolaan menyebutkan bahwa pengelolaan keuangan desa terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban di Desa Kalapeh Baru telah berjalan dengan baik. Faktor penghambat dalam Kepala Desa mengelola Alokasi Dana Desa di Desa Banyuasin I terdiri dari kurangnya kerjasama dari oknum masyarakat dan juga Badan Permusyawaratan Desa setempat. Selain itu, faktor pendukungnya adalah realisasi anggaran dapat berjalan tepat waktu, serta dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin.

 

Kata Kunci: alokasi dana desa, kepala desa, infrastruktur

Keywords

alokasi dana desa; kepala desa; infrastruktur

Full Text:

PDF

References

Alokendek, R. C., Kimbal, M. L., & Undap, G. (2017). Peran Pemerintah Desa Dalam Penggunaan Dana Pembangunan Infrastruktur di Desa Darunu Kecamatan Wori. JURNAL EKSEKUTIF, 1(1).

Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edi Purnomo, A. G. U. S. (2017). Peran Kepala Desa Dalam Realisasi Dana Desa Untuk Pembangunan Infrastruktur Di Desa Domas, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Fauzana, D. A. (2020). Realisasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Desa Masda Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hutagalung, J. (2019). Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Dalam Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur (Studi kasus di Kantor Kepala Desa Sitampurung, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara).

Koordinasi, K. D. (2014). Koordinasi Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Suatang Keteban Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.

Miles, M.B, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, a Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjejep Rohindi, UI- Press.

Mustofa, A., & Afifah, F. A. N. (2023). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Semambung Kabupaten Sidoarjo. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 46-62.

Mulyana, D. (2015). Peran Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Dendun Kabupaten Bintan Tahun 2011-2013. Naskah Publikasi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Peraturan Daerah Kabupaten Murung Raya Nomor 2 Tahun 2010 tentang Alokasi Dana Desa di Kabupaten Murung Raya.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Peraturan Pemerintah nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang- undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Okberi, E., Khotami, K., & Herman, H. (2022). Efektivitas Tugas Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Gemilang Jaya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 8(1), 10-19.

Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Rajab, A., & Malik, M. M. (2023). Peran pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi dan insfrastruktur. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 19(3), 689-701.

Rusdi, A. (2021). Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Bidang Sektor Pembangunan Infrastruktur Di Desa Titian Modang Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Juhanperak, 2(2), 12-28.

Sintha, M., & Caniago, R. (2020). Peran Kepala Desa dalam Alokasi Dana Desa di Bidang Infrastruktur. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 3(2), 139-146.

Wawan, W. (2021). Peranan Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Widiantoro, S. (2020). Optimalisasi alokasi dana desa pada pembangunan infrastruktur sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sumberdadap. Jurnal Meta-Yuridis, 3(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.