Analisis Kesantunan Berbahasa pada Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF

Melin Nur Ziyadatuts Tsalis

Abstract


Abstarct

Tsalis, Melin Nur Ziydatuts. 2022. Analysis of Language Politeness in the Novel Layangan Putus by Mommy ASF. Thesis. Department of Indonesian Language and Literature Education. Faculty of Teacher Training and Education, Dr. Soetomo University Surabaya. Supervisor (I) Dr. Sri Utami, M.Pd, Supervisor (II) Ninik Mardiana, S.S., M.Pd

Keywords: language acquisition, early childhood phonological acquisition

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesantunan yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Dalam penelitian ini peneliti menggunakann teori prinsip kesantunan yang dikemukakan oleh Leech, dan teori strategi kesantunan yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode baca dan catat. Data dalam penelitian ini berupa tuturan-tuuran yang terdapat dalam dialog tokoh-tokoh yang terdapat pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF yang terdapat kesantunan berbahasa. Adapun Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Layangan Putus karya Mommy ASF.Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti dijabarkan menjadi tiga tahapan, yaitu tahap pengenalan atau identifikasi, tahap pengelompokan atau kualifikasi, dan tahap interpretasi data. Hasil penelitian pada penelitian ini  adalah (1) Bahwa dalam penelitian ini terbukti terdapat prinsip kesantunan bahasa yang dikemukakan oleh Leech pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Pada penelitian ini ditemukan enam prinsip kesantunan. Ada tiga maksim kebijaksanaa, empat maksim kedermawanan, dua maksim penghargaan, tiga maksim kesederhanaan, tujuh maksim pemufakatan, dan lima maksim kesimpatisan. (2) Bahwa dalam penelitian ini terbukti terdapat strategi kesantuan bahasa yang dikemukakan oleh Brown and Levinson pada novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Pada penelitian ini ditemukan empat strategi kesantunan berbahasa. Ada tujuh strategi kesantunan bertutur tanpa strategi, delapan strategi kesntunan positif, empat strategi kesantunan negative, dan enam strategi kesantunan tidak langsung atau tersamar.


Abstarct

Tsalis, Melin Nur Ziydatuts. 2022. Analysis of Language Politeness in the Novel Layangan Putus by Mommy ASF. Thesis. Department of Indonesian Language and Literature Education. Faculty of Teacher Training and Education, Dr. Soetomo University Surabaya. Supervisor (I) Dr. Sri Utami, M.Pd, Supervisor (II) Ninik Mardiana, S.S., M.Pd

Keywords: language acquisition, early childhood phonological acquisition


Full Text:

PDF

References


Abdin, Non. Zalili Sailan. Dan Yani Konisi. (2019). “Maksim Kesantunan Dalam Dialog ILC Episode “Ánas Siap Digantung Di Monas”” (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2) : 55.

Ananda, Rio Pradipta, Sanapiah, dan Sri Yulianti. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut”. Media Pendidikan Matematika, 6(2):83.

Andriyani, S. (2017). “UnsurInstrinsik Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro”. Repository Universitas Jambi, 5-13.

Anggraini, Novia. Ngudining Rahayu. Dan Bambang Djunaidi. (2019). “Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(III) : 44.

Arianti, Ni Kadek. (2016). “Kesantunan Berbahasa dalam Film Habibie & Ainun”. E-Jurnal Humanis. vol. 15. hal. 48–55,

Ariyanti, Lita Dwi, dan Ida Zulaeha. (2017). ”Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka :Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,6(2):114.

Estikomah, Anik. Oktarina Puspita Wardani. Dan Meilan Arsanti. (2019). Maksim Kedermawanan Pada Tuturan KH. Ahmad Anwar Zahid di Rembang 2019”. Prosiding : Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 1275-1276.

Inayah Wulansafitri dan Ahmad Syaifuddin. (2020). “Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Film My Stupid Boss 1”. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1).

Irni Cahyani dan Sri Munalisa. (2020). “Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Sinetron "Siapa Takut Jatuh Cinta””. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1).

Iswandy, Eka. (2015). “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung-Barung Belantai Timur”. Jurnal TEKNOIF, 3(2):72.

Kuntarto, Eko. (2016). “Kesantunan Berbahasa Ditinjau Dari Perspektif Kecerdasan Majemuk”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(2) : 59.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Margaretha, L. (2020). Teori – “Teori Belajar Untuk Anak Usia Dini”. Early Child Research and Pratice – ECRP, 1(1) : 15.

Mekanisce, Arnild Augina. (2020). “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualititatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat”. Jurnal Ilimiah Kesehatan Masyarakat, 12(3):150-151.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naibaho, Alex Tarakdatu. (2013). “Analisis Pengendalian Internal Persediaan Bahan Baku Terhadap Efektivitas Pengelolaan Persediaan Bahan Baku”. Jurnal EMDA, 1(3):66.

Pertiwi, Astri. (2016). “Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) Karya Deddy Mizwar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA”. [Skripsi]. Jakarta (ID) : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Solihin, A., Junita, & Sukawati, S. (2019). “Analisis Kesantunan Berbahasa pada Novel "Me and My Heart" Karya Eva Riyanti Lubis”. parole, 339.

Rahayu, Actri Putri. (2012). “Analisis Makna Fukugoudoushi~AU dalam Kalimat Bahasa Jepang”. [Thesis]. Bandung (ID) : Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahidah, Yeni Lailatul. dan Hendriana Wijaya. (2017). “Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Pragmatik)”. Jurnal Al Bayan, 9(1) : 3-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i1.2466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Recommended tools:

 

Supported by: