Penyusunan Masterplan Minapolitan Kabupaten Bondowoso

Endang Siswati

Abstract


ABSTRAK

Judul Penelitian Penyusunan Masterplan Minapolitan Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari  penelitian ini adalah Meningkatkan produksi, produktivitas, dan kualitas produk perikanan dan mengembangkan kawasan minapolitan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif. Beberapa metode analisis yang akan diterapkan didalamnya meliputi :Analisis SWOT,  Analisis Location Quotient dan Analisis manajemen strategis untuk menyusun rencana pengusahaan dan rencana tindak selama 5 tahun kedepan (2017-2021).

Hasil Penelitian Minapolitan Kabupaten Bondowoso ini dapat ditetapkan bahwa: Minapolis ditetapkan di kawasan perkotaan Kecamatan Bondowoso, sebagai pusat layanan perdagangan dan jasa untuk produk unggulan perikanan. Sentra produksi utama ditetapkan di Kecamatan Tamanan, Sentra produksi perikanan pendukung lainnya ditetapkan meliputi Kecamatan Wonosari, Tenggarang, Pujer, Binakal, Curahdami dan Prajekan. Sentra pengolahan dan pemasaran dipusatkan di Kecamatan Tamanan dengan kawasan pendukung pemasaran di Kecamatan Pujer, Curahdami, Maesan, Wonosari, Binakal dan Prajekan.

Produk unggulan perikanan bagi kawasan minapolitan Kabupaten Bondowoso, selama 5 (lima) tahun kedepan (2017-2021) adalah ikan lele dan ikan nila. Pengembangan kawasan minapolitan Kabupaten Bondowoso diarahkan untuk memajukan perekonomian wilayah dan sistem mina bisnis, dengan cara mengintegrasikan subsistem hulu (saprodi perikanan), subsistem budidaya, dan subsistem hilir (pasca panen dan pemasaran).

Kata kunci : Minapolitan, Sentra, Subsistem.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1612016368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .