Kajian Penguatan Anggaran Kecamatan Dalam Rangka Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo

Hary Sastryawanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Kajian Penguatan Anggaran Kecamatan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017 dengan tujuan untuk Mengetahui kondisi existing anggaran Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo untuk pelayanan publik. Mengetaui kebijakan penguatan anggaran kecamatan di Kabupaten Sidoarjo yang perlu dilakukan untuk peningkatan pelayanan publik.

Metode pengambilan data Kajian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Sidoarjo yaitu: Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Taman, Kecamatan Buduran, Kecamatan Krian, Kecamatan Jabon, Kecamatan Porong dan Kecamatan Sukodono, dan dilakukan selama 2 bulan. Penyusunan Kajian Penguatan Anggaran Kecamatan  Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik  Dengan menggunakan subyek data yang paling dapat di percaya (valid) dan terbarukan (update) yang dimiliki daerah bersangkutan.

Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : Adanya Kebijakan, Dukungan Politik dan Komitmen dari Para Pengambil Keputusan dari Kabupaten/ Kota dampai Kelurahan atau Desa. Perencanaan dan Penganggaran yang berpihak pada Hak Anak. Kapasitas Kelembagaan dan SDM yang memadai. Anak-anak secara aktif ikut berperan serta dalam proses pembangunan. Kemitraan dengan seluruh pemangku kewajiban, LSM, Ormas, media Swasta, dan Masyarakat serta keluarga itu sendiri. Koordinasi yang efektif antar program dan instansi serta para Pemangku Kewajiban. Secara terus menerus dan konsisten melakukan Monitoring, Evaluasi, Supervisi dan Pelaporan. Dibangunnya dan berfungsinya fasilitas-fasilitas umum yang layak anak seperti, sekolah, puskesmas, Rumah sakit, tempat bermain dan rekreasi, Pasar, Swalayan dsb. Ketersediaan data dan sistem informasi anak yang terpilah dan berkelanjutan. Pemberdayaan Camat dan Kepala Desa/ Lurah. Kabupaten dan Kota yang mampu menjalankan pemerintahan dengan baik dan bersih dari bahaya laten.

Kata kunci : Anggaran, Pelayanan Publik, Desa.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1722017386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .