INTERNALISASI NILAI-NILAI MORALITAS DAN KESANTUNAN PADA ANAK USIA DINI

. Bakhtiyar

Abstract


Sekolah merupakan institusi pendidikan yang penting dalam menkonstruksi moralitas anak. Sekolah berfungsi melakukan internaslisasi melalui proses sosialisasi mengenai nilai-nilai moral dan kesantunan. Walaupun faktanya, kini banyak sekolah yang menghadapi tantangan serius karena tidak mampu melakukan fungsi sekolah dengan baik. Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan perkara nilai moral dan kesantunan tersebut guna menciptakan generasi santun di masa mendatang, yang dapat dimulai pada anak usia dini. Tulisan ini merupakan kajian pustaka yang dirujuk dari berbai sumber mendalam. Hasil tulisan ini menunjukkan bahwa (1). Internalisasi nilai moralitas dan kesantunan bangsa sangat penting bagi anak usia dini, guna membentuk watak dan kepribadian, kesadaran terhadap pentingnya nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai moral dan norma-norma kesantunan bangsa. Internalisasi sejak usia dini sangat berpengaruh pada watak dan kepribadian anak di masa yang akan datang serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang profesional dan berintegritas. (2) Implementasi internalisasi nilai-nilai moralitas dan kesantunan bangsa dilakukan dengan  melalui pelaksanaan program semester. (3) Metode yang digunakan untuk internalisasi moralitas dan kesantunan bangsa pada anak usia dini bisa melalui, Storytelling, bermain, identifikasi, bernyanyi, diskusi, pendidikan, suri tauladan, pembiasaan dalam berperilaku, dan rekreasi intelektual ke perpustakaan, (4) Kerjasama sinergis antara guru dan pustakawan mutlak diperlukan dalam pembelajaran berbasis perpustakaan, sebagai media terbaik dalam implementasi internalisasi moralitas dan kesantunan bangsa.

 

Kata Kunci :  Sekolah, Internalisasi, Moralitas, Kesantunan, Anak Usia  Dini


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakhtiyar. Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Terhadap Eksistensi Perpustakaan Dalam Kajian Perspektif Sosio Kultural. Inovasi, Jurnal Humaniora, Sains dan Pengajaran. Volume Xviii, Nomor 1 Januari 2016.

Bakhtiyar. 2017. Eksistensi Perpustakaan Dalam Sistem Pendidikan Sebagai Dampak Berbagai Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Sosio Kultural. Prosiding Eksistensi Perpustakaan : Masa Silam, Era Kekinian & Masa Depan. Surakarta: UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Buchler, Charlotte. 1968. Psychology for Contemporary Living terjemahan ke dalam Bahasa Inggi, a Delta Book, New York: Dell Publishing Co.Inc. Darmodiharjo, D. 1979. Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha nasional.

Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional. 2007

Kaelan, H. Pendidikan Pancasila: Disusun Berdasarkan SK Dirjen Dikti No.467/DIKTI/KEP/1999 Segi Yuridis dan Filosofis

Kohlberg, L. 1964. Development of Moral Character and Moral Ideology. Dalam William Crain Theories of Development Concepts and Applications, Thid edition, Prentice Hall Englewood Cliffs. New Jersey 07632

Mubarak, Husni. 2017. Prisip Kesantunan Berbahasa Di Puskesmas Desa Dirgahayu, Kabupaten Kotabaru. INOVASI, Jurnal Humaniora, Sains dan Pengajaran. Volume XIX, Nomor 1. Januari 2017.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sobur,Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sukamadinata, Nana Saodi, 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sunarto, Kamanto.1993. Pengantar Sosiologi, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universistas Indonesia.

Surijadi, Bambang dan Djuroto,Totok.(edit.), 2011. Pendidikan Pancasila Untuk Mahaiswa Berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 38/DIKTI/KEP/2002. Surabaya: Kerja sama antara FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan Asosiasi Guru dan Dosen Pendidikan Pancasila Jawa Timur

Suryosubroto, B..1997. Proses Balajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jus.v1i1.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Urban Sociology

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, Eas Jawa, Indonesia.
Phone. (031) 5677577. Fax (031) 5679791
Homepage: http://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/index
email: urbansociology@uwks.ac.id

ISSN 2620-5211 (Printed)
ISSN 2656-3339 (Online)

_________________________________________________________

Creative Commons License
Journal of Urban Sociology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by