PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PAHLAWANKU DI KELAS 4A SDN PAKIS V SURABAYA

Nur Hafidda, Desi Eka Pratiwi, Jarmani Jarmani

Abstract


 

Penggunaan media pembelajaran penting dalam pembelajaran, salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa dalam pemanfaatan media youtube pada pembelajaran IPS materi Pahlawanku di kelas 4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian aktivitas guru menunjukkan kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 88%. Sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 8.1%, menunjukkan kriteria sangat baik. Adapun nilai yang didapat dari angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 86%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kesimpulan menunjukkan bahwa pemanfaatan media youtube sangat efektif dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah guru dan siswa saat proses pembelajaran IPS materi pahlawanku.

 

Kata Kunci: Media Youtube, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pahlawanku

 


Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif . Jurnal Teknologi Pendidikan , 50.

Dasopang, A. P. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 334.

IMM Handayana, D. (2020). Pengembangan Media Film Dokumenter Memanfaatkan Situs Monumen Perjuangan Bangsal Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, Vol. 4 No., 117.

Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila, Vol 3 No 2 tahun 2021 hal 52.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat . Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat.

Purwanto, N. 2020. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, I., Isnaini, N. f., & Hisbullah. (2021). Penerapan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap pengalaman Belajar Siswa di MI-Tarbiyatush Shibyan Surabaya. Trapsila, Vol 3 No 2 tahun 2021 hal63.

Refo, M. A. (2018). Efektivitas Media Youtube Dalam Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Efektivitas Media Youtube Dalam Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Rina Adyawardhina, W. N. (2017). Sosialisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Di Lingkungan Sd Negeri Rahayu 06 Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat.

Sari, F. D. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal Pbsi, 108.

Yulianto, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Artikel Ilmiah.

Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadh




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i1.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020