PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PAHLAWANKU DI KELAS 4A SDN PAKIS V SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v4i1.2111Abstract
Penggunaan media pembelajaran penting dalam pembelajaran, salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa motivasi belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan respon siswa dalam pemanfaatan media youtube pada pembelajaran IPS materi Pahlawanku di kelas 4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian aktivitas guru menunjukkan kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 88%. Sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 8.1%, menunjukkan kriteria sangat baik. Adapun nilai yang didapat dari angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 86%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kesimpulan menunjukkan bahwa pemanfaatan media youtube sangat efektif dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah guru dan siswa saat proses pembelajaran IPS materi pahlawanku.
Kata Kunci: Media Youtube, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pahlawanku
References
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif . Jurnal Teknologi Pendidikan , 50.
Dasopang, A. P. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 334.
IMM Handayana, D. (2020). Pengembangan Media Film Dokumenter Memanfaatkan Situs Monumen Perjuangan Bangsal Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, Vol. 4 No., 117.
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila, Vol 3 No 2 tahun 2021 hal 52.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat . Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat.
Purwanto, N. 2020. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, I., Isnaini, N. f., & Hisbullah. (2021). Penerapan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Terhadap pengalaman Belajar Siswa di MI-Tarbiyatush Shibyan Surabaya. Trapsila, Vol 3 No 2 tahun 2021 hal63.
Refo, M. A. (2018). Efektivitas Media Youtube Dalam Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Efektivitas Media Youtube Dalam Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.
Rina Adyawardhina, W. N. (2017). Sosialisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Di Lingkungan Sd Negeri Rahayu 06 Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat.
Sari, F. D. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal Pbsi, 108.
Yulianto, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Artikel Ilmiah.
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadh
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.