Analisis Pelaksanaan Literasi dan Numerasi Matematika di SD Negeri 060967 Medan Belawan

Permata Sari BrSiregar, Qonita Mujahidah, Putri Ramadhani, Nur Fadillah Hayati, Zahra Putri Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Matematika yang dilakukan pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik analisis data memakai triangulasi teknik yang mengkonfirmasi data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menghasilkan temuan diantaranya pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil diterapkan oleh guru Matematika. Guru menggunakan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Hasil pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif baik dari segi pengajar maupun peserta didik. Melalui pembelajaran berdiferensiasi guru merasa senang karena peserta didik lebih antusias dan mengenal, hal ini diwujudkan dalam bentuk produk yang dihasilkan peserta didik dalam pembelajaran sangat kreatif. Namun tantangan yang diterima oleh guru pada tahap diferensiasi proses, guru masih menemukan kebingungan saat membedakan bahan ajar yang harus diberikan pada peserta dididk yang bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Anwar, N. T. (2018, February). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran Matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).

Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117-124.

Jamiruddin, J., & Thamrin, M. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Sosial Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 88-94.

Khoimatun, K., & Wilsa, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5968-5975.

Pratiwi, R. N. & Minsih. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas II SDN 02 Kemiri Tahun Pelajaran 2020/2021. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 72-79.

Wulandary, K. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Multiliterasi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yayuk, E., Purwanto, As’ ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary School Students’ Creative




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020