Analisis Pelaksanaan Literasi dan Numerasi Matematika di SD Negeri 060967 Medan Belawan

Authors

  • Permata Sari BrSiregar Universitas Negeri Medan
  • Qonita Mujahidah Universitas Negeri Medan
  • Putri Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Nur Fadillah Hayati Universitas Negeri Medan
  • Zahra Putri Aisyah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Matematika yang dilakukan pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik analisis data memakai triangulasi teknik yang mengkonfirmasi data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menghasilkan temuan diantaranya pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil diterapkan oleh guru Matematika. Guru menggunakan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Hasil pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif baik dari segi pengajar maupun peserta didik. Melalui pembelajaran berdiferensiasi guru merasa senang karena peserta didik lebih antusias dan mengenal, hal ini diwujudkan dalam bentuk produk yang dihasilkan peserta didik dalam pembelajaran sangat kreatif. Namun tantangan yang diterima oleh guru pada tahap diferensiasi proses, guru masih menemukan kebingungan saat membedakan bahan ajar yang harus diberikan pada peserta dididk yang bervariasi.

References

Anwar, N. T. (2018, February). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran Matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).

Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117-124.

Jamiruddin, J., & Thamrin, M. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Sosial Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 88-94.

Khoimatun, K., & Wilsa, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5968-5975.

Pratiwi, R. N. & Minsih. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas II SDN 02 Kemiri Tahun Pelajaran 2020/2021. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 72-79.

Wulandary, K. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Multiliterasi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yayuk, E., Purwanto, As’ ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary School Students’ Creative

Downloads

Published

2024-03-18

Issue

Section

Pendidikan Dasar