Permasalahan Yang Muncul Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 060872

Authors

  • Zahara Dwita Universitas Negeri Medan
  • Nova Eliza Universitas Negeri Medan
  • Putri Nur Fahma Universitas Negeri Medan
  • Yulistika Amanda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3443

Keywords:

Matematika, Konsep Matematika, Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas VI di SD Negeri 060872 Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang muncul pada mata pelajaran matematika di kelas 6 SD Negeri 060872. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas VI di SD Negeri 060872. Dalam penelitian ini instrumen atau alat bantu yang digunakan adalah dengan wawancara untuk memperdalam informasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas VI di SD NEGERI 060872 terkait pembelajaran matematika materi pecahan ditemukan masalah yang dimana siswa kelas IV masih banyak yang belum mengerti menyelesaikan soal pecahan perkalian maupun pembagian meskipun guru berkali-kali menjelaskan materi tersebut agar siswa memahami namun siswa masih kesulitan juga dalam memahami pecahan tersebut.

Downloads

Published

2023-12-22

Issue

Section

Pendidikan Dasar