Permasalahan Yang Muncul Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 060872
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3443Keywords:
Matematika, Konsep Matematika, Media Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas VI di SD Negeri 060872 Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang muncul pada mata pelajaran matematika di kelas 6 SD Negeri 060872. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas VI di SD Negeri 060872. Dalam penelitian ini instrumen atau alat bantu yang digunakan adalah dengan wawancara untuk memperdalam informasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas VI di SD NEGERI 060872 terkait pembelajaran matematika materi pecahan ditemukan masalah yang dimana siswa kelas IV masih banyak yang belum mengerti menyelesaikan soal pecahan perkalian maupun pembagian meskipun guru berkali-kali menjelaskan materi tersebut agar siswa memahami namun siswa masih kesulitan juga dalam memahami pecahan tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.