PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL TIME TOKEN PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV MI AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

Nurul Agustin

Abstract


Abstrak

Pembelajaran pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di MI Al-Azhar Menganti Gresik masih ada siswa yang suka mengejek teman yang kurang tepat dalam menjawab pertanyaan dari guru, masih ada siswa yang suka berkata kasar atau meremehkan teman jika ada yang meminjam peralatan tulis, masih ada siswa yang tidak mau bekerja sama dengan siswa lainnya, dan kurangnya interaksi antar guru dan siswa, siswa dengan siswa yang lain dikarenakan guru masih berbasis teacher centered karena masih didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru juga kurang menggunakan dan model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan cenderung mengabaikan penjelasan materi dari guru. Sehingga bukan hanya mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah serta mempengaruhi keterampilan sosial siswa.Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran melalui penerapan model Time Token untuk  meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Tujuan yang hendak dicapai mendiskripsikan aktivitas siswa dan mendiskripsikan peningkatan keterampilan sosial siswa dalam penerapan model Time Token. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa pada aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,5%. Begitu juga pada keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 78% dengan kategori Baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan kategori sangat Baik.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pembelajaran pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan model Time Token dapat meningkat dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Time Token keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan.

 

Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Model Time Token

 


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (1998). Learning To Teach. Singapore:Mc Graw-Hill Book Company

Nandang, Budiman. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Rahmadani, Aprianti. 2019. Kefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (1), 55-71.

Riggio, Ronald.E. 1986. Assesment of Basic Social Skills. Jounal of Personality and Social Pschology. Vol 51, no.3.

Setiana, Tita. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman

Suharsimi Arikunto. (2002). Penelitian Kelas Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogjakarta: Aditya Media

Taniredja, Tukiran. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta

Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020