PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v6i2.3675Keywords:
Peran orang tua, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi terkait dengan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya peran orang tua terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah para orang tua siswa dan guru. Dalam penelitian ini instrumen atau alat bantu yang digunakan adalah dengan melakukan kajian pustaka atau studi kepustakaan. Berdasarkan hasil yang didapat terkait dengan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa ialah bahwa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang hasil belajar siswa. Dukungan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh orang tua dapat memengaruhi motivasi belajar anak, kedisiplinan, dan pencapaian akademisnya. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak seperti membantu dengan tugas sekolah, memberikan dorongan positif, dan mengawasi kegiatan belajar anak juga dapat berdampak positif terhadap prestasi akademis siswa. Kolaborasi yang baik antara orang tua, guru, dan sekolah sangat penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi perkembangan optimal siswa.
References
Astuti, D., Rivaie, W., & Ibrahim, Y. (2013). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6).
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564-576.
Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas v sdn legokulon 2. Education and learning of elementary school, 1(01), 1-9.
Ningrum, WR (2016). Pengaruh peranan dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan , 17 (2), 129-137.
Ningsih, PW (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Sari, D. (2017, December). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Saragih, H., Sipayung, R., HS, D., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah
Ilmu Kependidikan, 5(3), 473-478.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.