Strategi Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Nova Eliza Medan State University
  • Riska Murni Medan State University
  • Zahra Putri Aisyah Medan State University
  • Syahrial Syahrial Medan State University

DOI:

https://doi.org/10.30742/tpd.v6i2.3678

Keywords:

Disiplin, Manajemen kelas, Strategi pengelolaan kelas

Abstract

Pengelolaan kelas sangat berperan penting dalam terbentuknya pembelajaran yang
berlangsung efektif dan optimal bagi peserta didik sehingga kemahiran guru dalam
melakukan pengelolaan kelas sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan kelas yang tepat
dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik, serta faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas di sekolah dasar. Penulis menggunakan
metode kepustaskaan atau Library Research dalam penelitian. Teknik yang penulis
gunakan dalam mengumpulkan informasi yaitu mengutip dari berbagai jurnal, buku
maupun artikel, serta penelitian terdahulu. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 8
indikator yang dapat dilakukan untuk mengukur ketercapaian kedisiplinan siswa didalam
kelas. Terdapat beberapa strategi pengelolaan kelas yang dapat dilakukan ialah dengan
menggunakan cara pengelolaan kelas yang efektif. Strategi itu dilakukan dengan
memperhatikan lingkungan baik fisik ( kondisi kelas), maupun nonfisik (kondisi Sosio-
Emosional, dan organisasional (pembentukan organisasi kelas). Oleh karena itu, sikap
konsisten sangat diperlukan dalam melakukan praktik pengelolaan kelas untuk
meningkatkan kedisiplinan siswa.

Author Biography

Riska Murni, Medan State University

Student, S1 - Primary Teacher Education

References

Asip, M., dkk.(2023).

PENGELOLAAN KELAS:

Strategi dan Pendekatan

dalam Pengelolaan Kelas yang

Bermutu dan Efektif. Padang:

Get Press Indonesia.

Aulia Rachman danMurniati

Agustian. 2016.

MENINGKATKAN

KEDISIPLINAN SISWA

MELALUI PENGELOLAAN

KELAS DI SDN 23 PAGI

PALMERAH JAKARTA.

Jurna Perkotaan. 8(2), 75-93.

Faizhal Chan, dkk. 2019. Strategi

Guru Dalam Mengelola Kelas

di Sekolah Dasar.

International Journal of

Elementary Education. 3(4),

-446.

Firsly Sekarrini, dkk. 2022.

MENUMBUHKAN SIKAP

DISIPLIN MELALUI

PEMBUATAN ATURAN

KELAS DENGAN

STRATEGI PENGELOLAAN

KELAS YANG EFEKTIF.

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD

FKIP Universitas Mandiri.

(1), 257-269.

Masfufah, dkk. 2023. Strategi

Pengelolaan Kelas Dalam

Meningkatkan Proses Dan

Hasil Pembelajaran Yang

Efektif Dan Efisien. Journal of

Student Research (JSR). 1(1),

-230.

Minsih dan Aninda Galih. 2018.

PERAN GURU DALAM

PENGELOLAAN KELAS.

Jurnal Profesi Pendidikan

Dasar. 5(1), 20-27.

Usnawati, dan Supriadi Torru. 2023.

Strategi Pengelolaan Kelas

dalam Meningkatkan

Keaktifan Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran Sosiologi di

SMAN 1 Maros. Jurnal

Sosialisasi Jurnal Hasil

Pemikiran, Penelitian, dan

Pengembangan Keilmuan

Sosiologi Pendidikan. 9(3),

Yantoro. 2020. STRATEGI

PENGELOLAAN KELAS

YANG EFEKTIF DALAM

MENUMBUHKAN SIKAP

DISIPLIN SISWA. Jurnal

Muara Pendidikan. 5(1), 586-

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Pendidikan Dasar