Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v6i2.3790Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada topik puisi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan pola siklus modifikasi dan refleksi diri secara spiral. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dukuh Kupang V Surabaya pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dengan partisipasi 30 siswa kelas IV B. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes; observasi dilakukan untuk memantau implementasi PBL pada materi puisi, sementara tes digunakan setelah siklus 1 dan siklus 2 untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa. Nilai sebelum intervensi, setelah siklus 1, dan setelah siklus 2 dibandingkan untuk mengukur perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model PBL pada setiap siklus. Pada siklus I, persentase rata-rata hasil belajar siswa pada kategori baik mencapai 70,96% pada pertemuan pertama dan meningkat menjadi 76,98% pada pertemuan kedua. Peningkatan lebih signifikan terjadi pada siklus II, di mana aktivitas keaktifan siswa meningkat dengan persentase rata-rata 81,02% pada pertemuan pertama dan mencapai 86,20% pada pertemuan kedua, yang dikategorikan sebagai baik dan sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga memperkuat keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa pada mata pelajaran Bahasa IndonesiaReferences
Ansyari, Dkk. (2023). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 6 Jeneponto†Dalam Jurnal Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Vol. 8. No. 3.
Hopkins, David.A. (2010). Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press.
Khotimah, Husnul. (2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar†Dalam Jurnal Edukasi. Vol 7. No. 3.
Marhani, Tahir, H., Mustika, & Ayu, D. (2019). “Strategi Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Dalam Jurnal Academia.Edu. Vol 2. No. 2.
Muna, Lailatul dan Gigit Mujianto. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar†dalam Jurnal AoEJ: Academy of Education Journal, Vol. 14. No. 2.
Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 1. No. 4.
Rahman. (2022). Tripusat Pendidikan Perspektif Tasawuf. Jakarta: CV Kaffah Learnig.
Rasmawati. (2023) “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalimat Thayyibah Ta’awudz Melalui Model Index Card Match Di Fase A†Dalam Jurnal Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan. Vol. 1. No. 5.
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). “Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energyâ€. Dalam jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 6. No. 1.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suardana, P. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Dalam Jurna Journal Of Education Action Research, Vol. 3. No. 3.
Sulistyorini, Muhammad Fathurrahman. (2012). Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.