Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Melalui Media Penggunaan Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV

Authors

  • DINI Nugrahaini Aksari Dewi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Desi Eka Pratiwi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Nanda Dini Novayanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30742/tpd.v6i2.3810

Keywords:

Media pembelajaran, mengarang, gambar berseri.

Abstract

Mengarang adalah cerita tentang sesuatu yang terdapat di dalam pikiran atau angan-angan. Cerita dapat dituangkan kedalam tulisan maupun lisan. Manusia dapat mengarang tetapi tidak semua mampu menuangkan pikiran tersebut secara teratur dan tersusun sedangkan menulis bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak orang yang mampu berbicara tetapi mereka kurang mampu menuangkan gagasannya ke dalam sebuah tulisan. Untuk dapat mengarang dengan baik, seseorang harus mempunyai kemampuan untuk menulis dan bisa tercapai melalui proses belajar dan berlatih.

Permasalahan terkait dengan kemampuan mengarang di sekolah yang mana peserta didik masih mengalami kesalahan dan kesulitan mengenai pembuatan suatu paragraf. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan media yang dapat mempermudah peserta didik dalam pemahaman mengarang. Media yang digunakan dengan penggunaan gambar berseri. Tujuan  dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran gambar berseri  dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan cerita peserta didik Kelas IV SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV A SDN Pakis V Surabaya dengan jumlah peserta didik 29 anak. Rata-rata dari hasil siklus 1 pertemuan 1 mendapatkan nilai rata-rata 78. Pada siklus 1 pertemuan kedua, penggunaan media gambar berseri mulai sedikit mengalami peningkatan yaitu mendapatkan nilai rata-rata 81. Pada siklus 2 pertemuan 1, mengalami peningkatan kembali yaitu mendapatkan nilai rata-rata 82. Dan yang terakhir siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan kembali dan lebih tinggi daripada sebelumnya yaitu mendapatkan nilai rata-rata 84 dengan presentase ketuntasan KKM 84%.

References

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran

Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94100.https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A.,& Aprilia, D. (2021). Media Gambar

Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia.Jurnal Tahsinia, 2(1), 1018.https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.287

Inengsih, M., & Samad, A. (2015).Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan kelas iv sdn 16 sendoreng. Perpustakaan.Upi.Edu, 3, 15–30

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 2637.https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/867

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Pendidikan Dasar