PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL TIME TOKEN PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV MI AL-AZHAR MENGANTI GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.913Abstract
Abstrak
Pembelajaran pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di MI Al-Azhar Menganti Gresik masih ada siswa yang suka mengejek teman yang kurang tepat dalam menjawab pertanyaan dari guru, masih ada siswa yang suka berkata kasar atau meremehkan teman jika ada yang meminjam peralatan tulis, masih ada siswa yang tidak mau bekerja sama dengan siswa lainnya, dan kurangnya interaksi antar guru dan siswa, siswa dengan siswa yang lain dikarenakan guru masih berbasis teacher centered karena masih didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru juga kurang menggunakan dan model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan cenderung mengabaikan penjelasan materi dari guru. Sehingga bukan hanya mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah serta mempengaruhi keterampilan sosial siswa.Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran melalui penerapan model Time Token untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Tujuan yang hendak dicapai mendiskripsikan aktivitas siswa dan mendiskripsikan peningkatan keterampilan sosial siswa dalam penerapan model Time Token. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,5%. Begitu juga pada keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 78% dengan kategori Baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan kategori sangat Baik.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pembelajaran pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan model Time Token dapat meningkat dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Time Token keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Model Time Token
References
Arends, R. I. (1998). Learning To Teach. Singapore:Mc Graw-Hill Book Company
Nandang, Budiman. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Rahmadani, Aprianti. 2019. Kefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Pokok Bahasan Pecahan Sederhana Kelas III SDN Tanjungsari 1 Sidoarjo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (1), 55-71.
Riggio, Ronald.E. 1986. Assesment of Basic Social Skills. Jounal of Personality and Social Pschology. Vol 51, no.3.
Setiana, Tita. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman
Suharsimi Arikunto. (2002). Penelitian Kelas Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogjakarta: Aditya Media
Taniredja, Tukiran. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.