Relevansi Teori Ranganathan dalam Pengembangan Koleksi di Abad 21

Yogi Andrianza(1), Dio Eka Prayitno(2),


(1) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan merupakan sebuah organisasi yang melayani kebutuhan informasi pemustaka. Sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan adalah berbentuk cetak dan elektronik. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu cara dalam mengelola perpustakaan terutama untuk pengembangan koleksi. Pengembangan koleksi yang dilakukan oleh perpustakaan menerapkan teori yang dikemukakan oleh Ranganathan yang lebih dikenal dengan istilah Five Laws of Library Science yaitu Books are for use; Every reader, his book; Every book, its reader; Save the time of the reader; A library is a growing organism. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui relevansi teori Ranganathan dalam pengembangan perpustakaan di abad 21. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah analisis deskriptif yang mengemukakan Teori Ranganathan sebagai pedoman dalam pengembangan koleksi perpustakaan di abad ke-21.


References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI, 1–59.

Bhatt, R. K. (2011). Relevance of Ranganathan’s Laws of Library Science in Library Marketing. Library Philosophy and Practice, 22.

Evans, G. E., & Saponaro, M. Z. (2005). Developing Library and Information Center Collections. 5. Westport Connecticut: Libraries Unlimited.

Gunawan, A., Darwanto, & Lubis, N. R. A. (2016). Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perikanan. Pari, 2(1), 31–42. Retrieved from http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/download/3247/2775

Hapsari, D. (2019). Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Disrupsi. Pustakaloka, 11(1), 151. Retrieved from https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1599

Herlina. (2013). Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan. Palembang: Noer Fikri Offset.

Hidaya, A. S. (2020). Teori S . R . Ranganathan Five Laws of Library Science Dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan. FIHRIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 18–30.

Indonesia, P. N. R. (2018). Akreditasi Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

KBBI. (2019). Arti kata relevansi. Retrieved 30 December 2020, from https://kbbi.web.id/relevansi

Kent, A., Lancour, H., Nasri, W. Z., & Daily, J. E. (1968). Encyclopedia of library and information science. New York: M. Dekker.

Kohar, A. (2003). Teknik Penyusunan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan : Suatu Implementasi Studi Retrospektif. Jakarta: Media Pratama.

Kompas.id. (2018). Menghadapi Era Normal Baru. Retrieved 30 December 2020, from https://kompas.id/baca/opini/2018/02/03/menghadapi-era-normal-baru/

Rohana, & Adryawin, I. (2019). Five Laws of Library Science : Sebuah Pemikiran yang Dinamis dari Ranganathan. Jurusan Ilmu Perpustakaan , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Ilmu Perpustakaan, III(1), 1–7.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 131 times
PDF Download : 53 times

DOI: 10.30742/tb.v5i1.1176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.