LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERDASARKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA

Asysyifa Dwikharisma Putriaurina(1), Rifqi Zaeni Achmad Syam(2), Farah Ruqayah(3),


(1) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
(2) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
(3) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai apa itu layanan perpustakaan. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja layanan perpustakaan sekolah berdasarkan standar nasional Indonesia. Penelitian ini disusun dengan pendekatan studi literatur, dengan metode pengumpulan daftar pustaka, mencatat maupun membaca, serta mengelola bahan penelitian yang bersumber dari jurnal, buku, internet, dan pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan perpustakaan merupakan fasilitas atau layanan yang diberikan oleh pengelola perpustakaan kepada penggunanya atau kepada pemustaka. Layanan perpustakaan untuk setiap lembaga berbeda-beda dan sudah ditetapkan standarnya oleh Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Dalam hal ini perpustakaan sekolah memiliki beberapa layanan perpustakaan berdasarkan standar nasional yang terdiri dari layanan baca, layanan sirkulasi, layanan referensi, dan layanan teknologi informasi komunikasi. Namun pada kenyataaanya layanan perpustakaan sekolah berdasarkan standar nasional ini belum sepenuhnya terealisasikan oleh beberapa lembaga perpustakaan sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi pemerintah dalam menciptakan layanan perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional.  Pustakawan sebagai pengelola perpustakaan pun harus terus menerus mengoptimalkan layanan perpustakaan agar tercipta suatu kepuasan dalam melayanani pengguna perpustakaan.

Kata kunci : Layanan perpustakaan; Perpustakaan sekolah


References


Azizah, I.; & Bambang, S. W. (2014). Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 4(4), 85-97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/7473

Afrina, M.; & Ibrahim, A. (2013). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem informasi (JSI). 5(2), 1-16. DOI: https://doi.org/10.36706/jsi.v5i2.1267

Antasari, I.W. (2016). Analisis Layanan Perpustakaan Iain Purwokerto Menurut Standar Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Perpustakaan IAIN Kudus. 4(2). 1-24. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1712/pdf

Batubara, A.K. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 3(1), 1-9. http://repository.uinsu.ac.id/33/1/vol%2003%20n0.01%202009%20%282%29.pdf

Cahyono, T.Y. (2017). Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 41(2). 1-14. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/07/Standar-Nasional-Perpustakaan-Perguruan-Tinggi.pdf

Dharman, N.O., dkk. (2013). Hubungan Antara Kualitas Layanan Perpustakaan Undiksha Dan Kepuasan Penggunanya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 2(2), 1-7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/2177/1893

Fadhli, R.; Indah, R.N.; Widya, N.; & Oktaviani, W. (2020). Strategi Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Emotional Branding Melalui Storytelling. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 68-85. DOI: http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v4i1.172

Indonesia. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Klasifikasi Informasi Publik. Diakses pada tanggal 17 Desember, 2020, dari https://www.perpusnas.go.id/law.php?lang=id&id=Peraturan%20Kepala%20Perpusnas

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: LPPM Poltekes Majapahit. Diakses pada tanggal 05 Juli, 2021, dari https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf

Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai Layanan, Referensi sebagai Tempat: Sebuah Tinjauan Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra’, 10(1),1-15. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v10i1.305

Lasa Hs., dkk. (2017). Manajemen dan Standarisasi Perpustakaan. Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan Teori & Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Rakib, F. (2013). Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Terapung. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1-13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2977/2523

Sumekar, S. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Supriyanto, W. (2013). Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 4(1). 1-12 https://repository.ugm.ac.id/136541/1/PENGEMBANGAN%20SISTEM%20LAYANAN%20PERPUSTAKAAN%20DIGITAL.pdf

Syam, R.Z.A.; Indah, R.N.; & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Informasi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169. DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.151-169


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1135 times
PDF Download : 641 times

DOI: 10.30742/tb.v5i2.1653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.