Cover Image

Pengaruh Desain Interior Terhadap Kenyaman Membaca Pemustaka di Perpustakaan IAIN Tulungagung

Dilla Hardina Agustiani(1), Ekis Era Artika(2), Tyya Sumarni Putri(3), Yolanda Adellia(4), M. Fikriansyah Wicaksono(5),


(1) IAIN TULUNGAGUNG
(2) IAIN Tulungagung
(3) IAIN Tulungagung
(4) IAIN Tulungagung
(5) IAIN Tulungagung
Corresponding Author

Abstract


Desain Interior pada sebuah bangunan memiliki nilai estetika tersendiri. Desain Interior yang menarik mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sama halnya ketika diterapkan pada Perpustakaan Perguruan Tinggi, selain dapat meningkatkan minat kunjung pemustaka, interior yang bagus pada perpustakaan dapat meningkatkan eksistensi perpustakaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh desain interior perpustakaan perguruan tinggi terhadap tingkat kenyamanan mahasiswa diperpustakaan IAIN Tulungagung. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif naturalistik dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Populasi dan sampel yang diambil yaitu pemustaka aktif yang sedang melakukan kunjungan meliputi. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Hasilnya Standar Nasional Perpustakaan dapat menjadi sebuah acuan untuk perpustakaan dalam memaksimalkan potensi yang ada. Selain itu, kemajuan suatu desain interior dapat dianalisis melalui 5 dimensi desain interior Marry Gilliat, diantaranya; pencahayaan, ruang penyimpanan, penggunaan warna, tekstur dan pola serta warna dan keseimbangan.


References


Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.

Darmawati. (2009). Peran Perpustakaan SMP N 161 Jakarta dalam Meningkatkan Minat. UIN Syarif Hidayatullah.

Mansyur. (2015). Pengaruh Desain Interior Terhadap Kenyamanan Membaca Pemustaka di Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulawesi Selatan. UIN Alauddin Makassar.

Nasyihuddin, A. (2013). Aspek-Aspek Kenyamanan Ruang Perpustakaan.

Noviani, R. dkk. (2014). Pengaruh Redesain Tata Ruang Perpustakaan Terhadap Minat Pemustaka di Perpustakaan Universitas Warmadewa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1).

Rofiq. (2018). Pengertian Desain Interior Menurut Para Ahli. Diminimalis.Com. www.diminimalis.com:http://www.diminimalis.com/pengertian-desain-interior-menurut-para-ahli/

Sani, A. (n.d.). Sistem Managemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Sourch Senayan Library Managemen System (SLIMS). http://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Widyastuti. (2017). Desain Perpustakaan Ideal di Era Modern. JIPI (Jurnal Ilmu Dan Informasi), 2(2).


Full Text: Article Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 1575 times
Article Fulltext Download : 773 times

DOI: 10.30742/tb.v4i2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.