ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN MENGAMBIL POLIS ASURANSI JIWA PADA INDUSTRI ASURANSI DI SURABAYA

Dwi Bhakti Iriantini

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui faktor keyakinan akan akibat dari perilaku mengambil polis asuransi jiwa. Penilaian akan akibat dari perilaku mengambil polis asuransi jiwa, keyakinan normatif atas perilaku mengambil polis asuransi jiwa, motivasi untuk mengikuti keyakinan normatif atas perilaku mengambil polis asuransi jiwa, dan pendapatan yang mempunyai pengaruh bermakna terhadap minat konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa. Mengetahui faktor yang dominan pengaruhnya terhadap minat konsumen, dan perbedaan minat konsumen berdasarkan jenjangpekerjaan. Penelitian ini dilakukan pada rumah tangga yang menempati perumahan di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-soma faktor keyakinan akan akibat dari perilaku mengambil polis asuransi jiwa, penilaian akan akibat dari perilaku mengambil polis asuransi jiwa, keyakinan normatif atas perilaku mengambil polis asuransi jiwa, motivasi untuk mengikuti keyakinan normatif atas perilaku mengambil polis asuransi jiwa dan pendapatan berpengaruh secara nyata terhadap minat konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa. Uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel keyakinan akan akibat dari perilaku mengambil polis asuransi jiwa mempunyai pengaruh yang dominan terhadap minat konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa. Dari hasil uji kesamaan rata-rata dua pihak menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan minat konsumen dalam mengambil polis asuransi jiwa berdasarkan jenjang pekerjaan.

Keywords


Minat konsumen, keyakinan, evaluasi, keyakinan normat motivasi, pendapatan konsumen

Full Text:

PDF

References


Assael, H., 1987. Consumer Behaviour And Marketing Action. 3rd Ed. New York: Kent Publlishing Company.

Ancok, D., 1989. Reabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alpha.

Dalrymple, D.J. And L.J. Parson, 1983. Marketing Management Strategy And Case. New York: Wiley & Son, Inc.

Dharmesta, B.S., 1992. Riset Tentang Perilaku Konsumen : Sebuah Catatan Dan Tantangan Bagi Peneliti Yang Mengacu Pada Theory Of Reasoned Action, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, No. 1 Tahun VII. FE Yogyakarta: UGM.

Emory, C.W. And D.R. Cooper, 1991. Bussiness Research Methods. Fourth Edition. New York: Ricard D. Irwin, Inc.

Engel, J.F. Et Al, 1978. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs.

Fishbein And I. Ajzen., 1975. Belief Attitude, Intention And Behavior : And Introduction To Theory And Research. Philippines: Reading, Mass, Addison Wasley.

Fishbein & I. Ajzen, 1980. Undertanding Attitudes And Predicting Social Behavior, Dalam Basu Swastha Dh. (1992), Riset Tentang Perilaku Konsumen : Sebuah Catatan Dan Tantangan Bagi Peneliti Yang Mengacu Pada Teori di Indonesia, No. 1 Tahun VII, Yogyakarta.

Gujarati, D., 1991. Basic Econpmetrics. Alih Bahasa : Sumarno Zain, Penerbit Jakarta: Erlangga.

Hadi, Sutrisno, 1994. Metodologi Riset. Cetakan XIV. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip, 1991. Marketing Management : Analysisi, Planning, Impelemntation And Control. Seventh Edition, Prentice Hall International Edition, USA.

Loudon, D.L. & A.J. Della Bitta. 1993. Consumer Behavior : Concepts And Applications. Singapore: Mcgraw-Hill, Inc.

M. Sudrajat SW., 1988. Mengenal Ekonometrika Pemula. Bandung: Armico. Mowen. C. Jhon. 1993. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. Nasir, M., 1985. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Prasetyaning, 1994. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah tabungan masyarakat di bank bumf daya cabang mad.iun. Skripsi. Malang: Unmuh, Malang

Sudjana, 1992. Metode Statistika. Edisi Kelima. Bandung: Tarsito. Suhrasini A., 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi, 1991. Psikologi Kepribadian. Cetakan Keenam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Swastha, Basu Dan Hani Handoko, 1987. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Zaltman, Gerald And Melanie Wallendroff., 1979. Consumer Behavior, Basic Findings And Management Implications. New York: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v2i4.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952