ANALISIS PERBANDINGAN MENGENAI DIMENSI-DIMENSI DARI EKUITAS MEREK PADA PRODUK SHAMPO ANTI KETOMBE ANTARA MEREK CLEAR (ICE COOL), PANTENE (ANTI DANDRUFF), SUNSILK (DOUBLE CARE ANTI DANDRUFF), DAN ZINC (RE-ENERGIZING GINSENG)

Ni Ketut Yulia Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan mengenai kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek sebagai dimensi dari ekuitas merek pada produk shampo anti ketombe antara merek Clear (Ice cool), Pantene (Anti Dandruff), Sunsilk (Double Care Anti Dandruff), dan Zinc (Re-energizing Ginseng) di kawasan Surabaya Barat. Disamping itu juga ingin mengetahui tingkat ekuitas merek yang tinggi diantara keempat merek tersebut. Data dalam penelitian diperoleh dari studi atau survei lapangan, dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini sebesar 352 responden yang ada di kawasan Surabaya Barat. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji dengan menggunakan uji ANOVA (Analisis Of Varian). Hasil dari penelitian ini, yaitu menunjukkan terdapat perbedaan mengenai kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek pada produk shampo anti ketombe antara merek Clear (Icecool), Pantene (Anti dandruff), Sunsilk (Double care anti dandruff), dan Zinc (Re-energizing ginseng) di kawasan Surabaya Barat. Merek shampo anti ketombe Clear (Ice cool) memiliki tingkat ekuitas merek yang paling tinggi daripada ketiga merek shampo anti ketombe yang lainnya, balk dari segi dimensi kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas mereknya di Surabaya Barat.

Keywords


kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama. Alih Bahasa: Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

_______.1996. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Clow, Kenneth E. and Donald Baack. 2002. Integrated Advertising, Promotion, And Marketing Communications. New Jersey: Prentice Hall.

Engel, James F., Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Cetakan Pertama. Alih Bahasa: Drs. F.X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Second Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 2. Alih Bahasa: Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo. Dan Gary Armstrong. 1997. Dasar - Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Drs. Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.

Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Jr. dan Carl McDaniel. 2001. Pemasaran: Marketing.

Edisi Pertama. Jilid 1. Penerjemah: David Octarevia. Jakarta: Salemba Empat.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity Dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus Dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

_______.2003. Riset Pemasaran. Cetakan Keenam, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyadi, Slamet. 2000. Motivasi Dan Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderating Dalam Hubungan Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 3 No. 2 (Juli), Hal: 134-150.

Sugiyono, Dr. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Cetakan Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Edisi Kedua. Cetakan Keempat Belas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Temporal, Paul dan K.C. Lee. 2002. Hi-Tech Hi-Touch Branding: Menciptakan Kekuatan Merek Dalam Era Teknologi. Edisi Pertama. Penerjemah: Anastasia. Jakarta: Salemba Empat.

Upshaw, Lynn B. 1995. Building Brand Identity: A Strategy For Success In A Hostile Marketplace. New York: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v3i9.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952