Model Pembelajaran 5-E pada Pembelajaran Materi Segitiga-Segitiga Yang Kongruen
Abstract
Model pembelajaran 5-E menganut pada paham konstruktivisme. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang menekankan pada keaktifan siswa. Siswa diwajibkan untuk aktif dalam mengembangkan pengetahuan mereka sendiri, dan mengekspresikan yang mereka ketahui maupun yang tidak mereka ketahui. Sedangkan tugas dari guru di sini adalah membantu proses berfikir, kemandirian dan keaktifan siswa dalam belajar.Model pembelajaran 5-E memiliki 5 tahap, yaitu Engagement, Explorasi, Explanasi, Elaborasi dan Evaluasi. Setiap tahap pada model pembelajaran 5-E memiliki fungsi yang spesifik. Dan setiap tahap terdapat aktivitas mental siswa dalam menghadapi kesulitan, dan strategi-strategi apa yang akan digunakan oleh guru.
Kata kunci: Engagement, Explorasi, Explanasi, Elaborasi dan Evaluasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.