PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL PENDEKATAN SCIENTIFIK

Ulfa Anggraini

Abstract


Research applies a learning model with a scientific approach to learning. It is hoped that by applying a learning model with a scientific approach in learning, students will be more active so that their learning outcomes will increase. This study used a Classroom Action research design. The use of the scientific approach learning model can improve student learning outcomes achieving a class average score of 83 with a percentage level of completeness of 83.3% in Indonesian language learning on the material "Explanatory Text" in class VIII E SMP Negeri 1 Jebus in the 2020/2021 school year.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.et.al. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran.

Hamdani, Nizar Alam dan Dody Hermana. 2008. Classroom Action Research. Jakarta: Rahayasa.

Huda, Niamul. 2016. Pengertian Teknik Observasi. Artikel. Diambil dari situs http://pengertianpengertian.com, tanggal 16 Februari 2018.

Indriana, St. Zulfaidah. 2013. Pengertian dan Karakteristik PTK. Artikel. Diambil dari situs http://zulfaidah-indriana.blogspot.co.id, tanggal 21 Februari 2018.

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Kemendikbud. 2014. Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Kunandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muchlisin Riadi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Diambil dari situs https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html, tanggal 19 Oktober 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sukesih, Esih. 2013. Pengertian, Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Artikel. Diambil dari situs http://esihkeyc.blogspot.com/2013/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, tanggal 17 April 2018.

Sukidin. dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cindekia.

Sulipan. 2010. Teknik Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Eksismedia Grafisindo.

______. 2016. Pengembangan SDM dan Pengembangan Sekolah. Artikel. Diambil dari sirtus http://sulipan.wordpress.com, tanggal 19 Februari 2018).

Tim Edukatif. 2016. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v2i2.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Recommended tools:

 

Supported by: