PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN

Sri Astuti

Abstract


Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan kebutuhan yang sangat mendesak untuk dilakukan. Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu menjembatani keresahan tersebut adalah model pembelajaran cooperative script learning. Penerapan pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam penelitian ini bentuk penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilakukan dalam upaya memperbaiki pembelajaran dengan memberikan suatu tindakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan secara umum bahwa: “Penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pada siswa di kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Badau Kabupaten Kapuas Hulu”, sedangkan secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran cooperative script di kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Badau Kabupaten Kapuas Hulu selalu mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase melalui lembar observasi pada setiap pertemuannya, yaitu siklus I yang terdiri dari 1 pertemuan yaitu 75% kategori baik, siklus II yang terdiri dari 1 pertemuan, yaitu 85% kategori sangat baik, dan siklus III yang terdiri dari 1 pertemuan yaitu 95% kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Yrama Widya.

Depdikbud. (1996). Pedoman Analisa Hasil Evaluasi Belajar: Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra.

Ibrahim, Muslimin,dkk.(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Univerity Press.

Isjoni. (2007). Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Johnson, D. W, Johnson, R.T., Holubec, E. J. (1994). Cooperatif Learning in the Classroom. USA: Association for Supervision and Curiculum.

Lie, A. (2002). Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidika. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nicckerson, R.S. (1985). The Teaching Of Thingking. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sardiman (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Slavin, R, E. (1994). Cooperative Learning The Org Research, and Practive Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Supratama. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Yamin, M. (2013). Kiat Pembelajaran Siswa. Jakarta: Referensi.

Yuliawati, F. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.

Zuldafrial. (2004). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STKIP-PGRI.

Zuldafrial (2012). Evaluasi Pendidikan & Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Media Perkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v4i1.2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Recommended tools:

 

Supported by: