DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA IKLAN DI AKUN INSTAGRAM SHOPEE
Abstract
Penelitian ini membahas tentang jenis diksi dan jenis gaya bahasa dalam iklan shopee di Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis diksi pada iklan di akun instagram shopee (2) mendeskripsikan jenis gaya bahasa pada iklan di akun instagram shopee.Penelitian ini diharapakan dapat bemanfaat bagi: (1) bagi mahasiswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian berikutnya dengan pembahasan yang terkait. (2) hasil penelitian ini dapat menginformasikan kepada masyarakat umum tentang media periklanan. Khususnya bagi yang menggunakan aplikasi shopee.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. sumber data yang diambil peneliti yaitu bersumber di akun instagram shopee. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan catat. Pengambilan data dilakukan selama 2 bulan dari tanggal 01 Maret – 30 April 2022. Instrumen yang digunakan berupa (1) peneliti sebagai instumen pertama, (2) handpone atau laptop sebagai alat dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan metode simak, dalam metode simak dilakukan dengan cara membaca atau menyimak tulisan dari diksi dan gaya bahasa pada iklan shopee. Hasil penelitiannya ialah sebagai berikut. Pertama peneliti menemukan jenis diksi yang terdiri dari (1) kata umum, (2) kata khusus, (3) kata asing, (4) kata slang, (5) kata singkatan, (6) kata populer dan (7) kata kajian. Kedua peneliti menemukan jenis gaya bahasa yang terdiri dari (1) hiperbola, (2) personifikasi, (3) metonomia, dan (4) retorika.
Kata kunci : diksi, gaya bahasa, iklan shopee
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.2551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Recommended tools: |
| Supported by: |