ANALISIS STEREOTIP GENDER DAN RESISTENSI DALAM CERPEN JAMA’ TAKSIR KARYA MUNA MASYARI: PERSPEKTIF FEMINISME

abdul kifli alwi

Abstract


Stereotip dengan perempuan adalah dua hal yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Ketidakadilan gender ini disebabkan ada konstruksi yang berlabuh dalam kehidupan sosial. Pembagian peran diantara Pria dan wanita menjadi satu penyebab mengapa stereotipe selalu menjadi mimpi buruk bagi perempuan. Adanya stereotipe tersebut tentunya memicu ketakutan pada perempuan yang memaksa mereka untuk mempertahankan egonya melalui Beberapa cara manusia melindungi diri dari bahaya atau ancaman yang ada. Cerpen jama' taksir karya Muna Masyari merupakan salah satu cerpen dalam laman website JawaPos yang tayang pada 8 April 2023. Cerpen jama' taksir karya Muna Masyari sangat menggambarkan konstruksi pikiran budaya patriarki yang mengaitkan nilai-nilai khusus pada anak laki-laki sebagai penerus yang lebih dihargai dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dengan penelitian ini adalah melihat bentuk stereotipe perempuan yang terdapat dalam cerpen dan bentuk-bentuk resistensi yang ditimbulkan dari stereotipe tersebut. Metode yang dipakai pada penulisan artikel ini yakni menggunakan metode deskriptif dengan jenis kualitatif, dimana peneliti mencoba menginterpretasikan hasil pembacaan sumber data primer maupun sekunder kemudian mengolahnya dalam bentuk informasi kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa cerita pendek memiliki bentuk stereotip Ipeh sebagai tokoh utama dan tokoh perempuan yang lain yang disebabkan oleh tokoh laki-laki. Stereotip menghadapi tekanan dan harapan yang dipengaruhi oleh stereotip gender dan praktik poligami, dan stereotip untuk mengakui hak perempuan untuk menentukan pilihan hidup mereka sendiri, mempertahankan eksklusivitas dalam hubungan pernikahan, dan memperjuangkan kesetaraan gender yang lebih inklusif dan adil. Sedangkan bentuk resistensi yang dilakukan oleh tokoh perempuan dalam cerpen jama' taksir karya Muna Masyari adalah menggambarkan kesadaran akan ketidakadilan dan penolakan terhadap pemenuhan harapan yang membatasi kebebasan dan hak-hak perempuan

Kata kunci: feminisme, cerpen, stereotip


Full Text:

PDF

References


Barker, C. (2016). Cultural Studies. Kreasi Wacana.

Budiyanto, A. (2015). Respons Neurotik Kehidupan Sosial Tokoh Sentral dalam Novel Boulevard DeClichy (Agonia Cinta Monyet) Karya Remy Sylado: Kajian Psikoanalisis Karen Horney. Jurnal Sastra Indonesia, 4 (1) 1-7.

Dosi, E. (2012). Media Massa Dalam Jaring Kekuasaan: Sebuah Studi Tentang Relasi Kekuasaan di balik Wacana. Flores: Ledaleno.

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Media Presindo.

Fajriyah, K. (2017). Kepribadian Tokoh Utama Wanita dalam Novel Alisya. CaLLs, 3, 1–14.

Fakhrunnisa R. & Rahayu L. M., M. A. (2019). Subjektivitas Perempuan: Pekerja Seks dalam Tiga Karya Utuy Tatang Sontani. Metahumaniora, 9(1), 87.

Fakih, M. (2003). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanum, F. (2018). Kajian dan Dinamika Gender. Intrans Publishing.

Harjito. (2018). Resistensi Perempuan dalam Prosa Indonesia. Jurnal Musawa, 17 (2), 153-164.

Hasanah, M. &. (2021). Diferensiasi Konsep Perempuan Tiga Zaman: Kajian Dekonstruksi Jacques Derrida. Jurnal Litera, 20 (1). 1-28.

Masyari, M. (2023, 06 12). JawaPos Cerpen. Diambil kembali dari https://www.jawapos.com: https://www.jawapos.com/minggu/01475765/jama-taksir?page=5

Mauludya, F. S. (2019). Pertahanan Diri Tokoh Utama Dalam Novel Perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 32–40.

Munaris & Nugroho, J. (2021). Feminisme Eksistensialis dalam Novel Drupadi Karya Seno Gumira Ajidarma. Jurnal Litera, 20 (2), 299-312.

Nugroho. (2019). Perlawanan Perempuan terhadap Dominasi Patriarki dalam Novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy Kajian Feminisme Karen Horney. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 148–156.

Permatasari, D. B. (2017). Resistensi Tokoh Perempuan Terhadap Patriarki dalam Novel Garis Perempuan Karya Sanie B. Kuncoro. Jurnal Jentera, 6 (2), 94-109.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v6i1.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Recommended tools:

 

Supported by: