ANALISIS PEMAKAIAN BAHASA SLANG DI JEJARING SOSIAL TWITTER: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan bahasa gaul di media sosial, khususnya di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informasi diperoleh melalui teknik membaca, teknik mencatat dan merekam (screenshot). Sumber data penelitian adalah tweet dari akun pengguna Twitter. Kemudian dengan menggunakan teknik analisis tematik, materi dianalisis melalui identifikasi materi, klasifikasi, analisis data, penyajian data dan inferensi. Data ditemukan dalam data yang diterima berupa (1) Bahasa Slang Berupa Singkatan, (2) Bahasa Slang untuk Keindahan Bahasa, (3) Bahasa Slang Perubahan Fonologis, (4) Bahasa Slang dalam Bentuk Akronim. Selanjutnya pada fungsi bahasa seling meliputi (1) Fungsi Bahasa Slang untuk Menyindir, (2) Fungsi Bahasa Slang untuk Mengekspresikan Sesuatu, (3) Fungsi Bahasa Slang untuk Interaksi Sosial, (4) Fungsi Bahasa Slang untuk berbeda pada yang lainnya, (5) Fungsi Bahasa Slang untuk Menyapa Keakraban.
Kata kunci: slang, sosiolinguistik, jejaring sosial
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah. (1985). Sosiologi Bahasa. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Alwasilah, C. (2008). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoirik. Indonesia: Rineka Cipta.
Chaer, l. A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal (Edisi Revisi). Indonesia: Rineka Cipta.
Patridge, E. (1950). Slang Today and Yesterday. London: Routledge and Kegan Paul.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i2.2981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Recommended tools: |
| Supported by: |