Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Anak Kupetik Bintang Karya Rizky Nur Fajri: Kajian Sosiologi Sastra

Ali Yassin Akillah

Abstract


Nilai-nilai dalam pendidikan lekat kaitannya dengan sebuah karya sastra. Setiap karya sastra yang lahir, termasuk novel, selalu menampilkan nilai-nilai luhur yang sarat akan kebaikan dan manfaat bagi para pembacanya. Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra biasa juga disebut dengan amanat atau pesan. Unsur amanat atau pesan selalu menjadi gagasan yang kuat terciptanya sebuah karya sastra. Hal tersebut tentunya diharapkan dapat diinterpretasikan oleh para pembaca agar bisa dijadikan sumber ilmu atau nilai-nilai pendidikan sekaligus kontrol sosial yang dapat menjadi kompas kehidupan dalam berinteraksi di khalayak masyarakat.  Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam novel Kupetik Bintang karya Rizky Nur Fajri dengan pendekatan sosiologi sastra. Data yang disajikan dalam penelitian deskriptif kualitatif ini berupa kata, kalimat, atau wacana, yang bersumber dari novel Kupetik Bintang karya Rizky Nur Fajri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan dalam novel Kupetik Bintang karya Rizky Nur Fajri yang terdiri dari nilai pendidikan agama, moral, sosial, dan budaya. (1) Nilai pendidikan agama, mencakup ajaran untuk berprasangka baik kepada Allah dan terus berusaha dan bertawakal serta diiringi doa untuk sesuatu yang ingin dicapai. (2) Nilai pendidikan moral, mencakup ajaran untuk berperilaku menepati janji dan kesadaran diri ketika berbuat salah untuk meminta maaf. (3) Nilai pendidikan sosial, mencakup ajaran untuk bersanding bahu dengan tujuan tolong menolong dalam lingkup masyarakat dan lingkungan keluarga. (4) Nilai pendidikan budaya, mencakup ajaran untuk merawat budaya nasional dan fenomena akulturasi.

Kata kunci: nilai pendidikan, karya sastra, sosiologi sastra, novel


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.

Alwi, A. K. (2023). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama

Agoraphobia Karya Zoex Zabidi. Jurnal Ilmiah Sarasvati, 67-68.

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2.

Damono, S. D. (2003). Kesusasteraan Indonesia Modern, Beberapa Catatan. Jakarta: Gramedia.

Damono, S. D. (2006). Pengarang, Karya Sastra dan Pembaca. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 23.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8.

Khaerunnisa. (2023). Menyelami Dunia Sastra Anak. Yogyakarta: K-Media.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak dan Pembentukan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 26.

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal KATA, 188.

Rosyadi. (1995). Nilai-Nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sri.

Semi, A. (1993). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Setiani, F. (2021). Nilai Edukatif Tokoh Burlian dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2.

Susanti, A. & Khaerunnisa. (2022). Nilai Moral dalam Novel Anak Kembaran Mama Karya Maria. Prosiding Samasta, 25.

Waluyo, H. (2002). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Sleman: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/sv.v6i1.3564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Recommended tools:

 

Supported by: