PENYUSUNAN INDEKS KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Yuhanin Zamrodah

Abstract


Penelitian ini dengan judul Penyusunan Indeks Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo. Tujuan Penelitian ini antara lain agar tersedianya data bagi dinas/instansi terkait untuk mengatur kebijakan ketahanan pangan di wilayah, khususnya di wilayah yang sangat rentan pangan dan memberikan formulasi kebijakan dan program aksi penanggulangan rentan pangan untuk pemantauan standar pelayanan minimal untuk bidang pelayanan kerentanan pangan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu analisis terhadap data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif yang diolah untuk menggambarkan suatu kondisi penelitian tanpa bermaksud menguji hipotesis. Beberapa metode analisis yang akan diterapkan didalamnya yaitu Analisis SWOT,  Analisis manajemen strategis untuk menyusun rencana pengusahaan dan rencana tindak.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Indeks Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo tahun 2020 mencapai 71,19 yang menunjukkan sudah melebihi IKP Nasional tahun 2019 yaitu 54,8 dan juga lebih tinggi dari IKP Jawa Timur tahun 2019 yaitu 62,2. Indikator-indikator yang masih rendah (sangat rentan dan di Kabupaten Probolinggo adalah aspek akses pangan yaitu KK miskin. Hasil identifikasi dan pemetaan IKP tingkat Kecamatan Bantaran masuk kategori agak rentan. Hal ini disebabkan rasio luas baku sawah dan lahan yang agak rentan, penyedia sarana dan prasarana pangan yang masih kurang (rentan), rumah tangga miskin (sangat rentan).

Kata kunci : Ketahanan Pangan, Kemiskinan, Kebijakan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa20220201218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuhanin Zamrodah



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .