Penyusunan Perencanaan Jangka Menengah Pendidikan Dasar dan Menengah Kabupaten Sampang
DOI:
https://doi.org/10.30742/jisa1512015361Abstract
ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah Perencanaan Jangka Menengah Pendidikan Dasar dan Menengah Kabupaten Sampang Tahun 2014-2018. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Memberikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahunan (RKT) khususnya pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang dan perangkat di bawahnya di dalam melaksanakan kewenangan di bidang pendidikan; Mensinkronkan proses perencanaan pembangunan bidang pendidikan dengan proses perencanaan pembangunan pada tataran makro, dan lintas bidang/sektor di tingkat kabupaten dan Mensinkronkan proses perencanaan pembangunan bidang pendidikan dengan proses perencanaan pembangunan pendidikan pada tataran provinsi dan nasional.
Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Isu Strategis Berdasarkan Visi dan Misi Kabupaten Sampang tahun 2013-2018, maka ditetapkan tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Sampang Tahun 2013–2018 yang terkait dengan bidang pendidikan: Meningkatnya pemerataan dan kualitas pendidikan pada semua jenjang pendidikan. Dan strateginya adalah meningkatkan kualitas dan akses masyarakat terhadap semua jenjang pendidikan; dengan arah kebijakan yaitu Peningkatan kuantitas & kualitas pendidikan di semua jenjang;
Hasil Penelitian ini berupa Strategi dan arah kebijakan yang tepat diperlukan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi pembangunan pendidikan. Strategi dan arah kebijakan ini disusun sebagai solusi permasalahan dalam bidang pendidikan di Kabupaten Sampang yang terjadi hingga saat ini, yaitu : masih rendahnya angka partisipasi sekolah pada jenjang SMA/MA, masih belum meratanya sarana dan prasarana pendidikan, rendahnya rata-rata tingkat pendidikan di kabupaten Sampang, masih rendahnya prosentase tenaga pendidik bersertifikasi, dan sebaran kualifikasi tenaga pendidik yang belum merata.
Kata Kunci: Perencanaan Jangka Menengah, Pendidikan Dasar dan Menengah, Analisis Isu Strategis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- The author retains copyright and grants the journal the right of first publication with the work being simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can result in a productive exchange, as well as earlier and larger citations of published work (See The Influence Open Access).