Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Kabupaten Mojokerto Tahun 2017

Sri Rahayu Margaretna Jajuk Hanafie

Abstract


ABSTRAK

Judul penelitian rencana aksi daerah pengarusutamaan gender kabupaten Mojokerto.Tujuan penenlitian (1) Mengukur efektivitas, efisiensi dan dampak implementasi karena adanya indikator yang terukur; (2) Memperkuat sistem dan komitmen lembaga/instansi baik di pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota dalam mengimplementasikan strategi PUG.

Metode Analisa Kebijakan Pengarusutamaan Gender. Alur kerja analisis gender (gender analysis pathway-GAP) yang dapat digunakan untuk membantu para perencana dalam melakukan pengarusutamaan gender dalam perencanaan kebijakan/program pembangunan.

Hasil penelitian strategi pengarusutamaan gender  diimplementasikan pada seluruh tahap pembangunan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan monitoring pembangunan. Implementasi pada tahap perencanaan pembangunan melalui : 1) Penguatan prasyarat  yang terdiri dari 7 aspek yaitu dukungan politik, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, sistem data dan informasi, alat analisis  serta dukungan masyarakat sipil; 2)  Sektor/Lembaga menyusun RKA/KL di mana menggunakan data terpilah, melalui proses musrenbang, dan melewati tahapan analisis gender; 3) Bappeda kabupaten Mojokerto menyusun tolok ukur dan indikator kinerja;4)  Adanya  komitmen  dalampenerapan anggaran berimbang.

Implementasi PUG pada tahap pelaksanaan pembangunan adalah : 1) Memastikan fungsi managemen pelaksanaan pembangunan  yang responsif gender melalui  koordinasi, sinkronisasi, sinergitas,bimbingan teknis dan supervisi; 2) Tidak ada kesenjangan antara perencanaan dan pelaksanaan program yang responsif gender ditinjau dari aspek akses, partisipasi, kontrol dan manfaat.

Kata kunci: Analisis, Kebijakan, Pengarusutamaan, Gender.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1712017380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .