Evaluasi Pelaksanaan Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo

Endang Siswati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Evaluasi Pelaksanaan Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo dengan tujuan untuk Mengetahui gambaran umum perbedaan mekanisme pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo, antarayang menggunakan Perda Nomor 7 Tahun 2014 dan Perbup Nomor 55 Tahun 2016 dibandingkan dengan yang menggunakan Perda Nomor 10 Tahun 2006 dan Perbup Nomor 3 Tahun 2008. Mengetahui gambaran umum perbedaan dampak dari proses seleksi pengangkatan Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo, antara yang menggunakan Perda Nomor 7 Tahun 2014 dan Perbup Nomor 55 Tahun 2016 dibandingkan dengan yang menggunakan Perda Nomor 10 Tahun 2006 dan Perbup Nomor 3 Tahun 2008. Mengetahui perbedaan kualitas hasil seleksi pengangkatan Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo, antara yang menggunakan Perda Nomor 7 Tahun 2014 dan Perbup Nomor 55 Tahun 2016 dibandingkan dengan yang menggunakan Perda Nomor 10 Tahun 2006 dan Perbup Nomor 3 Tahun 2008.

Metode penelitian ini menggunakan data-data yang telah diperoleh dari Dinas/Instansi (OPD-OPD) terkait di Kabupaten Sidoarjo, agar dapat diinterpretasikan maka terlebih dahulu dilakukan analisa data menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: (a). Indikator penilaian suatu sistem rekrutmen Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo yaitu variabel waktu, biaya, dan kinerja perangkat desa (b). Penilaian secara keseluruhan terhadap sistem Pengisian Perangkat Desa di Kabupaten Sidoarjo yang sudah diterapkan sudah bagus menurut seluruh responden. Transparansi bisa di rasakan, hingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa meningkat (c). Berdasarkan fakta yang ditemukan dalam penelitian, ada beberapa responden yang menilai waktu yang dibutuhkan terlalu lama dan proses penjaringan hingga pelantikan juga memiliki tahapan yang panjang.

Kata kunci : Perangkat Desa, Sistem Rekrutmen, Transparansi.


Full Text:

PDF File


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1722017387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .