STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR PRODUK UNGGULAN HORTIKULTURA KABUPATEN TUBAN

Endang Siswati

Abstract


ABSTRAK

Judul Strategi Pengembangan Pasar Produk Unggulan Hortikultura Kabupaten Tuban. Tujuan penenlitian (1) Mendapatkan informasi tentang deskripsi penawaran dan permintaan produk unggulan hortikultura, (2) Mendapatkan informasi tentang keragaan pasar produk unggulan hortikultura, yang meliputi sistem pemasaran, tujuan pasar, harga produk, persaingan pasar dan kendala pemasaran produk yang dihadapi selama 5 tahun terakhir (2011-2015), (3) Mendapatkan informasi tentang strategi pengembangan pasar berkelanjutan yang dibutuhkan dalam memanfaatkan potensi produk unggulan hortikultura.

Metode yang digunakan adaalah analisis deskriptif. Metode analisis bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data yang didapatkan dalam observasi dan survey dianalisis dengan metode yaitu: Analisis Efisiensi Pemasaran, Analisis Integrasi Pasar, Observasi Jaringan Kerja Pasar, Analisis Integrasi/Keterpaduan Pasar, Analisis Regresi Harga, dan Koefisien Index of Market Connection (IMC).

Hasil Penelitian Strategi Pengembangan Pasar Produk Unggulan Hortikultura Kabupaten Tuban masih memiliki potensi besar dalam pengembangan hortikultura buah-buahan melalui usaha intensifikasi, yaitu mangga, jeruk, melon, semangka, duku, pisang dan jambu biji. Dalam mengembangkan usaha hortikultura petani kecil, maka strategi yang dapat dilaksaksanakan sebaiknya melalui 3 tahapan yaitu: (1) redistribusi harta produksi utama, yaitu lahan pertanian, dapat berupa pengalihan pemilikan atau berupa berupa pengaturan institusional yang memberikan peluang kepada petani tak bertanah; (2) meningkatkan produktivitas lahan pertanian, melalui perubahan teknologi dan inovasi, kebijakan ekonomi dan perbaikan sistem kelembagaan, dan (3) investasi dalam sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani hortikultura dan petugas pembina petani hortikultura.

Kata kunci : Strategi, Hortikultura, Produktivitas.

Full Text:

PDF FILE

References


Anonymous, 2006. Indonesia: Strategic Vision for Agriculture and Rural

Development, ADB & Ministry of Agriculture.Asia Development Bank (ADB). Jakarta.

Anonim, 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah. Jakarta.

Anonimus, 2012. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 76/Permentan/Ot.140/12/2012 Tentang Syarat Dan Tata Cara Penetapan Produk Unggulan Hortikultura. Departemen Pertanian RI. Jakarta.

Anindita, R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus, Surabaya.

Asmarantaka, R.W. 2009. Pemasaran Produk-produk Pertanian. Bunga Rampai Agribisnis: Seri Pemasaran. IPB Press, Bogor.

Badan Pusat Statistik, 2014. Kabupaten Tuban Dalam Angka 2014. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban.Tuban.

Bappeda Kabupaten Tuban, 2014. Potensi dan Produk Unggulan Kabupaten Tuban. Tuban.

Fadhla, T dkk, 2008. Integrasi Pasar Komoditi Pangan (Beras, Kacang Tanah Kupas Dan Kedelai Kuning). Nanggroe Aceh Darussalam. Agritek, XVI (9).

Kohls, R.L. and J.N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products. A Prentice-Hall Upper Saddle River, New Jersey.

Limbong W.H. 1999. Marketing System of Agricultural Food Commodities in some Province of Indonesia. JARSE vol. 12, IPB. Bogor.

Marimin. 2004. Metode untuk Kajian Pengembangan Komoditas Unggulan UMKM. IPB dan Bank Indonesia, Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah.

Soekartawi, 2001. Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Syafaat, N dan Supena F. 2000, Analisis Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kesempatan Kerja dan Identifikasi Komoditas Andalan Sektor Pertanian di Wilayah Sulawesi : Pendekatan Input-Output. Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Vol. XLVIII/4.

BPPD Kabupaten Tuban, 2015, Analisis Penetapan dan Pengembangan Produk Unggulan Hortikultura Kabupaten Tuban.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa1812018444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sosio Agribis



Didukung oleh: Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Karya ini dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .