REPRESENTASI MITOS KECANTIKAN DALAM KOLOM FEMALE

Yelly Elanda

Abstract


Media online banyak diminati oleh masyarakat karena kecepatan dan kemudahan dalam memperoleh informasi. Media online Kompas.com misalnya memiliki kolom female dimana kolom tersebut banyak membahas masalah kecantikan. Melalui berita kecantikan, kolom female mengkonstruksi mitos kecantikan. Kolom tersebut juga mengkaitkan antara tubuh dan lingkungan sosialnya yakni dalam hal percintaan, pola asuh anak dan dalam hal karier untuk membentuk citra tubuh. Tulisan ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi representasi mitos kecantikan dalam kolom female. Mengidentifikasi dan membongkar ideologi mitos kecantikan yang diwacanakan oleh kolom female melalui teks berita. Tulisan ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan model pendekatan perubahan sosial yang diutarakan oleh Norman Fairclough. Penelitian ini dilakukan hanya pada level mikro (level teks) yang terbit pada kolom female media online Kompas.com dari bulan oktober hingga desember 2014 dan januari hingga maret 2015 dengan 128 pemberitaan. Hasil penelitian ini adalah kolom female dalam media online Kompas.com yang senyatanya merupakan ruang untuk mengakomodir kepentingan perempuan justru membentuk wacana mitos kecantikan dengan menjadikan perempuan dan laki-laki sebagai objek konsumtif dan objek kenikmatan. Iron maiden digambarkan dengan sosok variatif dengan hanya mengandalkan kecantikan fisik, tanpa melihat inner beauty. Meskipun menghadirkan variasi mitos kecantikan, namun kolom female masih merujuk pada ras kaukasoid. Sosok yang berbeda dari iron maiden mendapatkan streotipe tertentu. Tulisan di kolom female hanya muatan dari kepentingan kapitalis dalam mengkonstruksi kecantikan secara subjektif. Berita dari kolom female masih memperlihatkan betapa kuatnya ideologi kapitalis dan budaya patriarkhi.

 

Kata Kunci: Ideologi, Media, Mitos Kecantikan, Representasi, Wacana


Full Text:

PDF

References


Barker, Chris. 2013. Cultural Studies.Yogyakarta: Kreasi Wacana

Baudillard, Jean. 2004. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Darma,Aliah Yoce. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya

Erianjoni. 2009. Konstruksi Media terhadap Pencitraan Wanita: Studi Semiotik Pencitraan Wanita Minangkabau dalam Rubrik Kontak Jodoh di Media Lokal Harian Haluan Padang. Jurnal Demokerasi Volume VIII No.2.

Eriyanto. 2005. Analisi Framing. Yogyakarta: LkiS

Fairclough, Norman. 1995. Critical Discourse Analysis:The Critical Study of Language. Singapore: Longman Singapore Publishers (Pte) Ltd.

Kamla, Bhasin. 1996. Menggugat Patriarkhi Pengantar Tentang Persoalan Dominasi Terhadap Perempuan. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Marlianti, Nelly dan Suryani, Ade. 2012. Representasi Tubuh Perempuan dalam Rubrik Kecantikan di Majalah Femina Edisi Mei 2011.Jurnal Komunikasi Volume 9 Nomor 2

Siregar, Aprilandini Yuanita. 2011. Pencitraan Perempuan di Majalah:Konstruksi Identitas Perempuan Kelas Menengah di Perkotaan. Jurnal Komunitas. Volume 5 Nomor 1.

Synnott, Anthony. 2007. Tubuh Sosial.Yogyakarta: Jalasutra

Wolf, Naomi. 2004. Mitos Kecantikan.Yogyakarta: Niagara

Yunita, Fera Intan. 2010. Fashion sebagai Manifestasi Kapitalisme Lanjut Menurut Pemikiran Michel Foucault dan Jean Baudrillard. Jakarta:Universitas Indonesia.

Sumber internet:

http://inside.kompas.com/about-usdiaksestanggal 13 Oktober 2015 jam 19.25




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jus.v1i1.563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Urban Sociology

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, Eas Jawa, Indonesia.
Phone. (031) 5677577. Fax (031) 5679791
Homepage: http://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/index
email: urbansociology@uwks.ac.id

ISSN 2620-5211 (Printed)
ISSN 2656-3339 (Online)

_________________________________________________________

Creative Commons License
Journal of Urban Sociology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by