Aksi Pendidikan Lingkungan Kaum Muda Yogyakarta dan Pemanfaatan Media Online

Adityo Nugroho

Abstract


Permasalahan lingkungan menjadi isu besar yang marak diperbincangkan pada beberapa dekade belakangan. Kerusakan lingkungan timbul akibat dari perubahan iklim, kepunahan sumber daya alam, sampai pada kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Artikel ini berisi gambaran tentang keberadaan organisasi kaum muda berbasis lingkungan yang menginisiasi aksi pendidikan lingkungan dalam berbagai bentuk dan target grup serta memanfaatkan media online dalam aksi pendidikan lingkungan. Penelitian diadakan di Yogyakarta dengan sampel sejumlah 21 organisasi kaum muda berbasis lingkungan dan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengambilan data secara wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan banyaknya dinamika yang dihadapi organisasi kaum muda berbasis lingkungan mulai dari pemilihan isu, kepengurusan, keanggotaan, pemilihan jenis aksi, pendanaan, sampai keberlangsungan organisasi. Terlepas dari hal tersebut, aksi pendidikan lingkungan yang telah dilakukan oleh kaum muda mampu memberikan alternatif dalam penyebaran informasi tentang lingkungan. Selain itu, keberadaan media online mampu menunjang berbagai aksi organisasi kaum muda berbasis lingkungan, termasuk aksi pendidikan lingkungan.

 

Kata Kunci: Kaum Muda, Organisasi, Pendidikan Lingkungan, Media Online.


Full Text:

PDF

References


Abercrombie, Nicholas, et. al.. 2010. Kamus Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aditjondro, George Junus. 2003. Pola-pola Gerakan Lingkungan, Refleksi untuk Menyelamatkan Lingkungan dari Ekspansi Modal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azca, M. Najib., et. al., (ed). 2011. Pemuda Pasca-Orde Baru, Potret Kontemporer Pemuda Indonesia.Yogyakarta: YouSure.

Azca, M. Najib., et. al.. 2014. Karakteristik Pemuda dan Kecenderungan Perilaku Kekerasan di Kota Yogyakarta dan Surakarta. Yogyakarta: YouSure.

Holmes, David. 2005. Communication Theory: Media, Technology, and Society. London: Sage Publications.

Jensen, Bjarne Bruun & Schnack, Karsten. The Action Competence Approach in Environmental

Education. Environmental Education Research Volume 3, Nomor 2, 1997.

Joga, Nirwono. 2013. Gerakan Kota Hijau. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, A. Sonny. 2010. Krisis dan Bencana Lingkungan Hidup Global. Yogyakarta: Kanisius.

Nomura, Ko. 2000. Present State of the Environmental Education Network in Indonesia. Japan: Institute for Global Environmental Strategies (IGES).

Nomura, Ko, and Hendarti, Latipah (ed). 2005. Environmental Education and NGOs in Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suharko, (ed). 2006. Gerakan Sosial: Konsep, Strategi, Aktor, Hambatan, dan tantangan Gerakan Sosial di Indonesia. Malang: Averroes Press.

Suharko. 2005. Merajut Demokrasi, Hubungan NGO, Pemerintah, dan Pengembangan Tata Pemerintahan Demokratis (1966-2001). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suharko. 2006. “Gerakan Sosial Baru di Indonesia: Repertoar Gerakan Petani”, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik vol. 10 no 1, 1-34.

Suharko, et. al.. 2014. Organisasi Pemuda Lingkungan di Indonesia Pasca-Orde Baru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jus.v1i2.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Urban Sociology

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, Eas Jawa, Indonesia.
Phone. (031) 5677577. Fax (031) 5679791
Homepage: http://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/index
email: urbansociology@uwks.ac.id

ISSN 2620-5211 (Printed)
ISSN 2656-3339 (Online)

_________________________________________________________

Creative Commons License
Journal of Urban Sociology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by