MENIMBANG TEORI-TEORI SOSIAL POSTMODERN: SEJARAH, PEMIKIRAN, KRITIK DAN MASA DEPAN POSTMODERNISME

Medhy Aginta Hidayat

Abstract


Artikel ini memaparkan latar belakang sejarah lahirnya teori-teori sosial postmodern, konsep-konsep pemikiran tokoh-tokoh teori sosial postmodern, serta kritik dan prospek masa depan teori-teori sosial postmodern. Harus diakui, teori-teori sosial postmodern dewasa ini cenderung berada dalam ketegangan pendapat antara kubu yang memandang bahwa teori-teori sosial postmodern masih menjadi bagian dari era modern dan kubu yang meyakini bahwa teori-teori ini telah terpisah sama sekali dari era modern. Kedua pandangan di atas, dengan landasan argumentasi masing-masing, akan dicoba dilacak di dalam artikel ini. Dengan memanfaatkan metode kajian kepustakaan (literature studies), artikel ini pada akhirnya hendak memberikan gambaran kritis tentang posisi penting teori-teori sosial postmodern dalam kajian sosiologi kontemporer dewasa ini, serta potensi kemungkinan-kemungkinan perkembangannya di masa depan.    

Kata Kunci: postmodernisme, postmodern, teori-teori sosial, teori sosiologi


Full Text:

PDF

References


Ahmed, Akbar, S., 1992, Postmodernism and Islam. New York: Routledge.

Awuy, Tommy F. 1995. Wacana Tragedi dan Dekonstruksi Kebudayaan. Yogyakarta: Jentera Wacana Publika.

Bertens, Hans., 1995., The Idea of the Postmodern: A History. London: Routledge.

Eagleton, Terry. 1996. The Illusions of Postmodernism. London: Wiley.

Featherstone, Mike., 1988., In Pursuit of the Postmodern: An Introduction, dalam Theory, Culture and Society Volume 5, London.

Habermas, Jurgen. 1984. Modernity, an Incomplete Project. New York: Routledge.

Harvey, David., 1989., The Condition of Postmodernity. Oxford: Blackwell.

Heryanto, Ariel. 1994. Postmodernisme: Yang Mana? Tentang Kritik dan Kebingungan dalam Debat Postmodernisme di Indonesia, dalam Jurnal Kebudayaan Kalam Edisi 1, Jakarta.

Kellner, Douglas. 1994. Baudrillard Reader. Cambridge: Blackwell.

Lash, Scott., 1990, Sociology of Postmodernism. London: Routledge.

Lechte, John., 1994., Fifty Key Contemporary Thinkers: From Structuralism to Postmodernism. London: Routledge.

Norris, Christopher. 1990. What's Wrong with Postmodernism: Critical Theory and the Ends of Philosophy. New York: John Hopkins University Press.

Piliang, Yasraf. 1998., Sebuah Dunia Yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Postmodernisme. Bandung: Mizan.

Rosenau, Pauline. 1992., Postmodernism and Social Sciences: Insights, Inroads, and Intrusion. Princeton: Princeton University Press.

Sahal, Ahmad. 1994. Kemudian Dimanakah Emansipasi? Tentang Teori Kritis, Genealogi dan Dekonstruksi, dalam Jurnal Kebudayaan Kalam Edisi 1, Jakarta.

Sarup, Madan., 1989., An Introduction Guide to Post-Structuralism and Postmodernism. Athens: The University of Georgia Press.

Siswanto, Andy. 1994. Menyangkal Totalitas dan Fungsionalisme: Postmodernisme Dalam Arsitektur dan Desain Kota, dalam Jurnal Kebudayaan Kalam Edisi 1, Jakarta.

Smart, Barry., 1990., Modernity, Postmodernity and The Present, dalam Turner, Bryan S., (ed), Theories of Modernity and Postmodernity. London: Sage.

Stauth, Georg and Turner, Bryan. 1988., Nostalgia, Postmodernism and the Critique of Mass Culture, dalam Theory, Culture and Society Volume 5, London.

Sugiharto, Bambang. 1996. Postmodernisme: Tantangan Bagi Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Turner, Bryan. 1990. Periodization and Politic in the Postmodern, dalam Turner, Bryan S., (ed), Theories of Modernity and Postmodernity. London: Sage.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jus.v2i1.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Urban Sociology

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, Eas Jawa, Indonesia.
Phone. (031) 5677577. Fax (031) 5679791
Homepage: http://journal.uwks.ac.id/index.php/sosiologi/index
email: urbansociology@uwks.ac.id

ISSN 2620-5211 (Printed)
ISSN 2656-3339 (Online)

_________________________________________________________

Creative Commons License
Journal of Urban Sociology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by