Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan dengan Media Benda Konkrit pada Siswa Kelas II SDN 02 Kemiri Tahun Pelajaran 2020/2021

Ratna Nurhayati Pratiwi, Minsih Minsih

Abstract


Matematika merupakan muatan pelajaran yang memerlukam kemampuan bernalar dalam mempelajarinya. Namun masih banyak siswa yang kurang dalam memahami matematika khususnya pada materi  pecahan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil nilai ulangan 50% lebih siswa tidak mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021.  Siswa tersebut terdiri dari 21 siswa diantaranya ialah 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini ialah media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas II kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 61,43 dengan prosentase ketuntasan sebesar 47,62%, siklus I nilai rata-rata kelas 73,10 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 61,91% dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,90 dengan prosentase ketuntasan sebesar 80,95%. 


Keywords


Matematika, Materi Pecahan, Media Benda Konkrit, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djajadi, Muhammad. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Makassar: Arti Bumi Intaran

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurrita, Teni (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03: 171–187.

Rahmah, Nur. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Kharizmi, Ejournal IAIN Palopo, Vol. 2, No.2, Oktober 2013.

Salsabila, Unik Hanifah, dkk. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2 No.2 Desember 2020, Hal 1-13

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. (2017). Pendidikan Matematika SD. Denpasar: Universitas Dwijendra




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor