PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 068074 MEDAN DENAI

Muhammad Friantona Nasution

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline 3  pada materi Keberagaman Budaya bangsaku siswa kelas IV SD, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Articulate Storyline 3  pada materi Keberagaman Budaya bangsaku siswa kelas IV SD dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan Respon Guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg and Gall ( 1998 ) Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan satu guru. Validasi oleh ahli media dan respon guru dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media Articulate Storyline 3 yang layak untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3,Keberagaman Budaya bangsaku.


Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dwi Surjono, Herman, 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan, (Yogyakarta: UNY Press).

Endang Mulyatiningsih, Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik (Yogyakarta: UNY Press, 2011), h.145.

H. Hidayat, S. Khayroiyah. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara 1 (1), 40-45, 2018. 2, 2018.

Mudlofir, Ali., & Rusdiyah, Efi Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratama, Ryan Angga. Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. DIMENSI, 7 (1),( 2018.) diakses pada 27 November 2019.

Salam, N. A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 2 Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keadaan Alam Indonesia Kelas Vii Tahun Ajaran 2016/2017 Di Mts Negeri Sumbang Kabupaten Banyumas. Universitas Negeri Semarang.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sukmawarti, Hidayat, Firmansyah, Abdul Mujib. 2017. Ibm Guru Cerdas Geogebra. Jurnal Amaliyah Pengabdian Pada Masyarakat Vol 1 No. 2 Hal. 52-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020