PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD

Authors

  • Darma Niawati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.30742/tpd.v4i2.1819

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media LKPD pada materi sumber daya alam kelas IV SD. Bentuk penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dan model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan. 1. Analysis, 2. Perancangan (design), 3. Pengembangan (development), 4. Implementasi (implementation), 5. Evaluasi (evalution). Pengumpulan data melalui observasi, desain produk menggunakan aplikasi Canva. Penilaian media LKPD divalidasi oleh ahli media dan materi yaitu dua dosen Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah Medan. Hasil dari penilaian dari tahap validasi dijadikan bahan dalam melakukan revisi LKPD. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan media LKPD dapat membantu dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV SD, hal ini terbukti dari hasil validasi para ahli media yang mendapat tanggapan layak digunakan setelah revisi sedangkan validasi ahli materi mendapat tanggapan layak digunakan dengan materi.

Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Pembelajaran IPS.

Author Biography

Darma Niawati, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

References

Ahmadi. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Kusuma, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Paidi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Praswono, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-03

Issue

Section

Pendidikan Dasar