Peningkatan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas 4 Melalui Strategi Quiz Di SDN 13 Kinawai
Abstract
Abstrak
Motivasi belajar siswa dibutuhkan dalam pembelajaran terlebih lagi dalam pembelajarn IPS,strategi quiz dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa peningkatan motivasi belajar siswa kleas IV sekolah dasar tahun ajaran 2021-2022.didalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,dimana dalam jenis penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 kali siklus.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 13 Kinawai yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dilakukan secara II siklus,Dari II siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan jika strategi quiz ini pada siklus I untuk melihat aktivitas siswa didapatkan 50% siswa aktif,untuk aktivitas guru 67% .sedangkan untuk siklus II mengamali peningkatan motivasi belajar siswa,dimana aktivitas siswa mencapai 70%,untuk aktivitas guru mencapai 80%,dan untuk nilai rata-rata didapatkan siswa memperoleh hasil mencapai 95% siswa dan 90% aktivitas guru.Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa 80% motivasi belajar siswa kelas IV setelah menggunkan strategi quiz meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad,F,S (2020).Keterampilan Social Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karate Berbasis Budaya Sekolah.(Hal 121-126). Universitas Negeri Malang
Arum w (2019). Upaya meningkatkan
hasil belajar IPS melalui
pembelajaran Quiz pada siswa
kelas VI . Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Edisi 2.UN
Yogyakarta
Colby, A. (2015). Membangun Perkembangan Moral dan Kewarganegaraan Mahasiswa. Dalam L. P. Nucci, & D. Narvaez, Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (hal. 567-595). Bandung: Nusa Media.
Djamrah. 2010. Strategi Belajar
Mengajar,Jakarta:Rieneka Cipt
Erstad, O. (2011). Citizens Navigating in Literate Worlds: The Case of Digital Literacy. In M. Thomas (Ed.), Deconstructing digital natives: young people, technology, and the new literacies (pp. 99-118). New York: Routledge.
Hamzah B, U. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mulyasa,2009,Kurikulum Yang
disempurnakan pengembangan
kompetensi dan kompetensi dasar
Bandung
Nucci, L. P., Krettenauer, T., & Narváez, D. (Eds.). (2008). Handbook of moral and character education. Routledge: Remaja Rosdakarya
Rustam , S,F (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas V Sd Negeri 189 Halmahera Selatan. PGSD FKIP Unkhair
Saputra, (2016) pembelajaran IPS
sekolah dasar berbasis
pembelajaran tematik
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional.
Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology (9th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
RECOMMENDED TOOLS:
Supported by:
Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License