Peningkatan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas 4 Melalui Strategi Quiz Di SDN 13 Kinawai

widia sathikma

Abstract


Abstrak

 

Motivasi belajar siswa dibutuhkan dalam pembelajaran terlebih lagi dalam pembelajarn IPS,strategi quiz dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa peningkatan  motivasi belajar siswa  kleas IV sekolah dasar tahun ajaran 2021-2022.didalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,dimana dalam jenis penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 kali siklus.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 13 Kinawai yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dilakukan secara II siklus,Dari II siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan jika strategi quiz ini pada siklus I untuk melihat aktivitas siswa didapatkan 50% siswa aktif,untuk aktivitas guru 67% .sedangkan untuk siklus II mengamali peningkatan motivasi belajar siswa,dimana aktivitas siswa mencapai 70%,untuk aktivitas guru mencapai 80%,dan untuk nilai rata-rata didapatkan siswa memperoleh hasil mencapai 95% siswa dan 90% aktivitas guru.Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa 80% motivasi belajar siswa kelas IV setelah menggunkan strategi quiz meningkat.


Keywords


Strategi Quiz untuk motivasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Achmad,F,S (2020).Keterampilan Social Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karate Berbasis Budaya Sekolah.(Hal 121-126). Universitas Negeri Malang

Arum w (2019). Upaya meningkatkan

hasil belajar IPS melalui

pembelajaran Quiz pada siswa

kelas VI . Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Edisi 2.UN

Yogyakarta

Colby, A. (2015). Membangun Perkembangan Moral dan Kewarganegaraan Mahasiswa. Dalam L. P. Nucci, & D. Narvaez, Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (hal. 567-595). Bandung: Nusa Media.

Djamrah. 2010. Strategi Belajar

Mengajar,Jakarta:Rieneka Cipt

Erstad, O. (2011). Citizens Navigating in Literate Worlds: The Case of Digital Literacy. In M. Thomas (Ed.), Deconstructing digital natives: young people, technology, and the new literacies (pp. 99-118). New York: Routledge.

Hamzah B, U. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyasa,2009,Kurikulum Yang

disempurnakan pengembangan

kompetensi dan kompetensi dasar

Bandung

Nucci, L. P., Krettenauer, T., & Narváez, D. (Eds.). (2008). Handbook of moral and character education. Routledge: Remaja Rosdakarya

Rustam , S,F (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas V Sd Negeri 189 Halmahera Selatan. PGSD FKIP Unkhair

Saputra, (2016) pembelajaran IPS

sekolah dasar berbasis

pembelajaran tematik

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional.

Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology (9th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020