Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Maisarah Maisarah, Novi Maolida, Cyndi Prasetya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilakn sebuah produk video pembelajaran berbasis canva yang bisa di akses dengan mudah dan juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan mereka ajarkan selama proses pembelajaran berlangsung terutama pada pembelajaran IPAS pada materi Bab 5 topik A. cerita tentnag daerahku dahulu karna seperti yang kita ketahui kalau pembelajaran IPS atau sekarang sudah di ubah menjadi IPAS sangat membosankan dan membuat para siswa merasa bosan  oleh karena itu dengan adanya video ini semoga bisa membantu proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development untuk menghasilkan yang menguji dan mengetahui keefektifan dari produk yang dikembangkan.  Desain penelitian ini adalah menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari define (pendefinisian) ,Desain (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) . dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran berbasis canva materi Bab 5 topik A. cerita tentang daerahku dahulu kelas IV sejkolah dasar . karna media yang dikembangkan melalui dua kali proses uji validitas dimana hasil uji validitas media yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid.


Keywords


video pembelajaran; canva; pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model 4D untuk kelas inklusi sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Maju, 4(1), 38-50.

Manalu,J.B.,Sitohang,P.,&Henrika, N.H.(2022).Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Mulyatiningsih,E.(2016).Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.pada September.

Mahnun,N.(2012).Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran).Jurnalpemikiran islam, 37(1).

marwa,n.w.s.,usman,h.,&qodriani, b.(2023).persepsi guru sekolah dasar terhadap mata pelajaran ipas pada kurukulum merdeka. metodik didaktik: jurnal pendidikan ke-sd-an, 18(2), 54-65.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

tanjung, r. e., & faiza, d. (2019). canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. voteteknika (vocational teknik elektronika dan informatika), 7(2), 79-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i1.2932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

RECOMMENDED TOOLS:

     

Supported by:

 

 

 

Flag Counter

 

Trapsila Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Created by TIK UWKS 2020