Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.2932Keywords:
video pembelajaran, canva, pembelajaran IPASAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilakn sebuah produk video pembelajaran berbasis canva yang bisa di akses dengan mudah dan juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan mereka ajarkan selama proses pembelajaran berlangsung terutama pada pembelajaran IPAS pada materi Bab 5 topik A. cerita tentnag daerahku dahulu karna seperti yang kita ketahui kalau pembelajaran IPS atau sekarang sudah di ubah menjadi IPAS sangat membosankan dan membuat para siswa merasa bosan oleh karena itu dengan adanya video ini semoga bisa membantu proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development untuk menghasilkan yang menguji dan mengetahui keefektifan dari produk yang dikembangkan. Desain penelitian ini adalah menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari define (pendefinisian) ,Desain (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) . dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran berbasis canva materi Bab 5 topik A. cerita tentang daerahku dahulu kelas IV sejkolah dasar . karna media yang dikembangkan melalui dua kali proses uji validitas dimana hasil uji validitas media yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid.
References
Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model 4D untuk kelas inklusi sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Maju, 4(1), 38-50.
Manalu,J.B.,Sitohang,P.,&Henrika, N.H.(2022).Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Mulyatiningsih,E.(2016).Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.pada September.
Mahnun,N.(2012).Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran).Jurnalpemikiran islam, 37(1).
marwa,n.w.s.,usman,h.,&qodriani, b.(2023).persepsi guru sekolah dasar terhadap mata pelajaran ipas pada kurukulum merdeka. metodik didaktik: jurnal pendidikan ke-sd-an, 18(2), 54-65.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.
tanjung, r. e., & faiza, d. (2019). canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. voteteknika (vocational teknik elektronika dan informatika), 7(2), 79-85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.