PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PKN KELAS V DI SDN TELAJUNG 01 KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3076Abstract
Pembelajaran PKn di SDN Telajung 01 masih banyak siswa kelas lima yang mendapat nilai rendah. Berdasarkan hasil pengamatan, sangat terlihat dari cara guru mengaplikasikan metode yang kurang beragam dalam pembelajaran, sehingga kurang mendukung fokus dan aktifnya siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, guna meningkatkan proses pembelajaran, penggunaan metode Cooperative Script diharapkan dapat mendorong siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Target khusus penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn telah meningkat setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode Cooperative Script. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai akhir bulan April tahun 2023. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa yakni, 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan kelas V di SDN Telajung 01. Informasi yang diterima berupa hasil penilaian (Evaluasi) dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Jenis Penelitian Tindakan kelas yang digunakan dalam metode ini yakni dengan menggunakan model Kemmis dan Teggart, dengan empat tahapan yakni rencana, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan yang telah dilakukan, siswa mengalami cukup peningkatan yakni, 85% dengan kategori sangat baik dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative script pada pembelajaran PKn di SDN Telajung 01 dapat meningkat setelah model Cooperative Script diterapkan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu dari penelitian yang akan dilakukan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.