Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1436Keywords:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Pendidikan IPS mempunyai dampak yang penting terhadap kehidupan bermasyarakat. Namun pada kenyatannya pendidikan IPS terhadap kehidupan bermasyarakat masih belum begitu nyata, perwujudan nilai-nilai sosial yang dikembangkan di sekolah belum nampak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pembelajaran IPS masih disampaikan dengan hafalan sehingga metode ceramah lebih dominan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru dengan kualitas yang baik bisa dijadikan solusi untuk menunjang permasalahan tersebut. Model Problem Based Learning merupakan salah satu model yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Model Problem Based Learning juga merupakan salah satu upaya untuk mengubah proses pembelajaran yang selama ini masih berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yakni pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai kriteria sangat baik untuk silabus dengan skor rata-rata 3,42, RPP dengan skor rata-rata 3,92, LKPD dengan skor rata-rata 3,84, LP dengan skor rata-rata 3,75, dan bahan ajar dengan skor rata-rata 3,79. Kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis.References
Aqib. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.
Ali, Mohammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azinar, Juari. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTS. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam. Banda Aceh.
Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Abdi.
Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Johnson, Elaine B. 2009. Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2005: hal 849.
Kountur, R. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: PMM.
Maftukhin, M. 2013. Skripsi: Keefektifan model pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok geometri kelas X. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Karya.
Nana, Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nitko, A.J dan Brookhart, S.M. 2011. Educational Assesment Of Students, Pearson Merril Prentice Hall.
Ngadiman. Prabowo. Raharjo. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Noor. Juliyansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Nopiana, Eka. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 1 Harapan Rejo. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lampung.
Permendikbud. 2013. Modul Pelatihan Kurikulum 2013: Standar Proses. Jakarta.
Qurrotaini, L, Nuryanto, N. (2020). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Pembelajaran IPS SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1), 40. https://journal.uwks.ac.id/ind ex.php/trapsila/article/view/8 85/pdf Subarianto. 2017. Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Tesis. Darussalam: Pascasarjana Unsiyah.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: PT Alfabeta.
Sumanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Taneo, dkk. 2009. Kajian IPS SD 3 SKS. Jakarta: Ditjen PT Depdiknas.
The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. Tersedia: http//www.edutopia.org/module s/PBL/ whatpbl.php (7 April 2013 pukul 17.30).
Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik dalam Psikologi Pendidikan. Malang: UMM press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.