IMPLEMENTASI PENILAIAN FORMATIF AUTENTIK ERA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PERMAINAN DIGITAL SEDERHANA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1454Keywords:
penilaian, formatif, autentik, permainan, digitalAbstract
Pemahaman guru mengenai tujuan dari penilaian autentik sudah tergolong baik namun pada tahap implementasi, penilaian yang diterapkan ternyata belum sepenuhnya menerapkan kaidah penilaian yang autentik. Era pembelajaran daring menuntut guru untuk tetap melaksanakan penilaian formatif yang autentik sesuai dengan standar kurikulum agar guru dapat melihat perkembangan belajar siswa yang menyeluruh dan pertumbuhan siswa dapat dimaksimalkan. Kepasifan siswa, tidak meratanya kesempatan berkontribusi, pertanyaaan yang tidak kritis, dan masalah dalam pemberian umpan balik merupakan indikator penilaian yang tidak autentik. Tujuan penulisan makalah ini hendak memaparkan strategi guru dalam mengimplementasikan penilaian formatif yang autentik berbasis permainan digital sederhana pada siswa kelas II SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi penilaian formatif melibatkan PowerPoint untuk menampilkan pertanyaan pada permainan dan menggunakan fitur pada Microsoft Teams untuk melakukan interaksi secara sinkronus. Pada saat siswa menjawab, guru akan menilai mereka berdasarkan rubrik dan memberikan umpan balik secara langsung. Permainan digital sesungguhnya sudah banyak beredar di platform dan website online. Permainan ini dapat digunakan juga sebagai media penilaian. Bagi guru yang mengajar di sekolah dengan kondisi gawai yang terbatas dan sinyal yang kurang memadai, bisa mencoba merancang penilaian menggunakan PowerPoint dengan beberapa modifikasi menggunakan fitur-fitur menarik di dalamnya.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Bagnato, S. J. (2007). Authentic assessment for early childhood intervention. New York: The Guilford Press.
Boeriswati, E. (2019). Penilaian authentic berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaraan Di Era Digital, 53(9), 1689–1699. http://doi.org/10.1017/CBO9781 107415324.004
Bryan, C., & Clegg, K. (Eds.). (2006). Innovative assessment in higher education. New York: Routledge. http://doi.org/10.4324/97802039 69670
Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.p hp/ekonologi/article/view/1359
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2012). Taksonomi Bloom- Revisi ranah kognitif: Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/P E
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik, 5(1), 31– 47. http://doi.org/10.31980/jpetik.v5 i1.445
Martin, F., & Ndyoe, A. (2016). Using learning analytics to assess student learning in Online Courses. Journal of University Teaching & Learning Practice, 13(3).
Mitten, C., Jacobbe, T., & Jacobbe, E. (2017). What do they understand? Using technology to facilitate formative assessment. APMC, 22(1), 9–12.
Negara, H. S. (2015). Mengembangkan kemampuan pemahaman, koneksi dan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (SD). Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 138–149.
Nurhayati, I. (2012). Peran permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini. Empowerment, 1(2), 39–48.
Olt, P. A. (2018). Virtually There : Distant Freshmen Blended in Classes through Synchronous Online Education.
Petrovi, J., Pale, P., & Jeren, B. (2017). Online formative assessments in a digital signal processing course : Effects of feedback type and content difficulty on students learning achievements. Educ Inf Technol, 22(6). http://doi.org/10.1007/s10639- 016-9571-0
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. http://doi.org/10.30656/lontar.v6 i1.645
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Rawamangun: Kencana.
Rahman, S. A., & Romdhani, M. (2015). Persepsi guru terhadap penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD. Jurnal Sekolah Dasar, 24(2), 151–160. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.ph p/sd/article/view/1356
Rusdiana, H., Sumardi, K., & Arifiyanto, E. S. (2014). Evaluasi hasil belajar menggunakan penilaian autentik pada mata pelajaran kelistrikan sistem refigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 274. http://doi.org/10.17509/jmee.v1i 2.3814
Salsabila, U.H., Lestari, W.M., Habibah, R., Andaresta, O., Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 12. https://journal.uwks.ac.id/index. php/trapsila/article/view/1070
Selma, B., Vonderwell, K., & Boboc, M. (2013). Promoting Formative Assessment in Online Teaching and Learning, 57(4), 22–27.
Sevilla Morales, H., & Chaves &Fernandez, L. (2019). Authentic assessment in the listening comprehension classroom: benefits and implications. GIST – Education and Learning Research Journal, 19(19), 6–30. http://doi.org/10.26817/1692577 7.704
Wijaya, H. (2019). Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik, 21–40. http://doi.org/10.31219/osf.io/dw 7fq
Zaim, M., Refnaldi, & Arsyad, S. (2020). Authentic assessment for speaking skills: Problem and solution for english secondary school teachers in Indonesia. International Journal of Instruction, 13(3), 587–604. http://doi.org/10.29333/iji.2020. 13340a
Winataputra, US. (2012). Transformasi Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Memperkokoh Jatidiri Bangsa Indonesia: Suatu Pendeketan Pendidikan Kewarganegaraan. Makalah disajikan dalam Seminar dan Kongres Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 31 Maret.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.