Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan dengan Media Benda Konkrit pada Siswa Kelas II SDN 02 Kemiri Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1463Keywords:
Matematika, Materi Pecahan, Media Benda Konkrit, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Matematika merupakan muatan pelajaran yang memerlukam kemampuan bernalar dalam mempelajarinya. Namun masih banyak siswa yang kurang dalam memahami matematika khususnya pada materi pecahan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil nilai ulangan 50% lebih siswa tidak mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021. Siswa tersebut terdiri dari 21 siswa diantaranya ialah 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini ialah media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas II kelas II SD Negeri 02 Kemiri tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 61,43 dengan prosentase ketuntasan sebesar 47,62%, siklus I nilai rata-rata kelas 73,10 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 61,91% dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,90 dengan prosentase ketuntasan sebesar 80,95%.
References
Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djajadi, Muhammad. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Makassar: Arti Bumi Intaran
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurrita, Teni (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03: 171–187.
Rahmah, Nur. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Kharizmi, Ejournal IAIN Palopo, Vol. 2, No.2, Oktober 2013.
Salsabila, Unik Hanifah, dkk. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2 No.2 Desember 2020, Hal 1-13
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. (2017). Pendidikan Matematika SD. Denpasar: Universitas Dwijendra
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.