Peningkatan Hasil Belajar Tema Hidup Bersih dan Sehat melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas II SDN Jajartunggal III/452 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1498Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema hidup bersih dan sehat melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran daring pada siswa kelas II SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Analisis masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa (dibawah nilai KKM) yang dikarenakan adanya pandemi Covid19 yang mengharuskan siswa belajar secara daring di rumah masing-masing. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II-D SDN Jajartunggal III/452 Surabaya Tahun Akademik 2020/2021. Dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui kegiatan siklus 1 sampai dengan siklus III.Nilai rata-rata siswa dari hasil tes siklus I yaitu 75,16. Dari hasil tes pada siklus I terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas yaitu 54,84%, sedangkan yang belum tuntas belajar siklus I terdapat 14 siswa yaitu 45,16. Nilai rata-rata siswa dari hasil tes siklus II yaitu 81,77. Dari hasil tes pada siklus II terdapat 23 siswa dinyatakan tuntas yaitu 74,19%, sedangkan yang belum tuntas belajar siklus II terdapat 8 siswa yaitu 25,81%; (3) Dari data siklus III hasil belajar siswa sudah sangat baik dengan sebagian besar sudah melampaui KKM, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa dari hasil tes yaitu 95,16. Dari hasil tes pada siklus III terdapat 28 siswa dinyatakan tuntas yaitu 90,33%. Dengan demikian hasil belajar hasil belajar tema hidup bersih dan sehat dapat meningkat dengan sangat baik melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran daring.
Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan saintifik, pembelajaran daring, sekolah dasar.
References
Ain, N., & Huda, C. (2018). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.2368
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Amelia, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Percobaan Menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100690
Bahtiar, R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Subtema Macam-Macam Peristiwa dalam Kehidupan bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(3), 236–242. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p236-242
Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), Article 4. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7533
Cahapay, M. B. (2020). Rethinking Education in the New Normal Post-COVID-19 Era: A Curriculum Studies Perspective. Aquademia, 4(2), ep20018. https://doi.org/10.29333/aquademia/8315
Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
Gupta, T. S., Chalmers, S., & McGonigal, E. (2020). COVID-19: General practice education in the ‘new normal’. Australian Journal of General Practice, 49. https://doi.org/10.31128/AJGP-COVID-30
Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171
Heni, H., Bahtiar, R. S., & Desiningrum, N. (2018). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 185. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6264
Jannah, M., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123
la Velle, L., Newman, S., Montgomery, C., & Hyatt, D. (2020). Initial teacher education in England and the Covid-19 pandemic: Challenges and opportunities. Journal of Education for Teaching, 46(4), 596–608. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803051
Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal, 3(1), 125–134. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224
Rostika, D., & Prihantini, P. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik dan Implikasinya dalam Penerapan Pembelajaran di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14443
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.