EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENILAIAN AUTENTIK DI SDN PASAR BARU 1 KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.888Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang komperehensip mengenai evaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan penilaian autentik di SDN Pasar Baru 1 Kota Tangerang. Hasil temuan sebagai berikut : pada kegiatan evaluasi belajar pembelajaran tematik dengan penilaian autentik penilaian nya menggunakan taksonomi bloom yang terdapat C1 sampai C6. Dalam pelaksanaan pembelajaran autentik tidak selalu berjalan mulus. Ada bebreapa kendala diantaranya yaitu dari aspek guru atau pengajarnya yang masih ada beberapa yang kurang kreatif dalam proses belajar mengajar. Hal ini yang menyebabkan penilaian autentik sendiri sulit dilakukan. Untuk mengatasinya guru harus dibekali kemampuan untuk membuat metode atau media pembelajaran yang lebih kreatif dan beragam yang dapat membuat pembelajaran lebih aktif, sehingga meminimalisir kendala dalam penilaian autentik ini terjadi.
References
Arya Setya Nugroho, Nataria Wahyuning Subayani (2019). Pendampingan Lesson Study:Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Guru SD Muhammadiyah 3 Gresik. Diakses pada 16 Juni 2020. Diakses melalui https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/812
Erni (2016). Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Diakses pada 15 Juni 2020. Diakses melalui http://journal.uncp.ac.id
Ina Magdalena, Dias Julianti Agustin (2020). Hambatan dalam Penerapan Teknik Evaluasi Non Tes di SDN Pinang 5 Tangerang. Diakses pada 10 juni 2020 melalui https://ejournal.pamaaksara.org/index.php/hal/article/view/110
Ina Magdalena, Dita Lutfia Citra Anggraini, Noni Novitasari, Siti Nurlatifah. (2020). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di SDN Kampung Melayu 3 Tangerang. Di akses pada 28 May 2020 . Diakses melalui https://ejournal.pamaaksara.org/index.php/hal/article/view/121/97
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2013 tentang Konsep Penilaian Autentilk Pada Proses Dan Hasil Belajar. Diakses pada 28 May 2020 melalui https://staffnew.uny.ac.id/upload/131570315/pendidikan/PENILAIAN+OTENTIK+KURIKULUM+2013.pdf
Magdalena, I., Huliatunisa, Y. (2020). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta : FKIP UMT Press
Nur Faqih (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Pendekatan Saintifik. Diakses pada 16 Juni 2020 melalui https://journaluwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/720
Pratiwi Pujiastuti, Sekar Purbarini Kawuryan, Unik Ambarwati (2017). Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Diakses pada 16 Juni 2020 melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/13035/pdf
Sundayana, Wachyu, (2017). Telaah kurikulum & perencanaan pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Tri Sumaharti, H. Marzuki, Sri Utami. 2017. Analisis Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negri 1. Diakses pada 5 juni 2020. Dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18917
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Trapsila Journal and Research Institutions and Community Service, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, University of Wijaya Kusuma Surabaya as publisher of the journal.