Konsep Diri Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2017-2019

Viska Meilinda(1), Elfitri Kurnia Erza(2),


(1) Universitas YARSI
(2) Universitas YARSI
Corresponding Author

Abstract


Konsep diri merupakan suatu pemahaman dalam diri, melalui pandangan dan perasaan tentang diri yang timbul akibat interaksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri pustakawan berprestasi terbaik tingkat Nasional tahun 2017-2019 adanya keyakinan melalui pandangan dan penghargaan terhadap perasaan seseorang mengenai dirinya. Peningkatan terhadap kepribadian diri melalui personal branding dan  brand awareness yang menjadi kepercayaan diri untuk menggapai apa yang diinginkan. Metode Penelitian. Jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 10 informan dari populasi penelitian, yaitu pemenang pustakawan berprestasi terbaik tahun 2017-2019. Teknik pengumpulan data melalui: wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dan Pembahasan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan: 1) Pustakawan mempunyai konsep diri dari adanya pengalaman di perguruan tinggi, memiliki hobi membaca buku di perpustakaan 2) Mengembangkan diri dari kepercayaan yang dilalui dengan aktif ikut asosiasi dan pelatihan pustakawan sesuai bidang 3) Terbentuknya brand awareness yang menjadi dukungan untuk berkomitmen, menujukkan ide dan aliran dari perilaku untuk mengembangkan kualitas profesionalisme.

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja (D. Pakar (Ed.)). Bandung: PT Refika Aditama.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (ke-2). Jakarta: Kencana.

Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kenneway, M. (2006). Branding for libraries: communicating your value to increase reader awareness and usage of the library service. Oxford -Serials: The Journal for the Serials Community, 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.1629/19120

Perpustakaan Nasional RI. (2019). Pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Daerah/Provinsi Dan Tingkat Nasional. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (Ed.)). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. (n.d.). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Winoto, H. Y. (2016). PERANAN BRAND ENDORSER DAN PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN DALAM MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN: DALAM TINJAUAN KOMUNIKASI | Winoto | VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan. Visi Pustaka, 18(2), 107. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/97/pdf


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 36 times
PDF Download : 23 times

DOI: 10.30742/tb.v5i1.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.