Dampak Perubahan Sistem Otomasi Slims Ke Inlislite Di Perpustakaan SMK Negeri 9 Bandung

Rosiana Nurwa Indah(1), Rifqy Zaenai Achmad Syam(2), Uul Aulia(3),


(1) Universitas Islam Nusantara
(2) Universitas Islam Nusantara
(3) Universitas Islam Nusantara
Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

This research was conducted to determine the impact of changes to the Slims to Inlislite system at the SMK Negeri 9 Bandung Library. The research method that researchers use is descriptive qualitative. Data collection techniques used by researchers for research are observation and interviews. Descriptive data analysis method, with data analysis technique in the form of data reduction. Presentation of data, drawing conclusions, and verification. . The results of research that have been researchers show that the impact of the Change in the Slims to Inlite Automation System at the SMKN 9 Bandung Library, has an impact on convenience for librarians. In Inlislite there is also a feature that provides information regarding borrowing data, such as sanctions or fines and delays in returning books which are only confirmed by scanning a barcode. So that it can overcome the queues of visitors and can also save time and effort for librarians in their work.

Key words: Automation impact; Slims; integrated library system (Inlislite); School library

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dampak dari perubahan sistem Slims ke Inlislite di Perpustakaan SMK Negeri 9 Bandung. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk penelitian yaitu observasi dan wawancara. Metode analisis data deskriptif, dengan teknik analisis data berupa reduksi data. Penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. . Hasil penelitian yang telah peneliti menunjukan bahwa dampak Perubahan Sistem Otomasi Slims Ke Inlislite Di Perpustakaan Smkn 9 Bandung, memberi dampak kemudahan bagi pustakawan. Di Inlislite juga terdapat fitur yang memberikan informasi  data peminjaman mengenai seperti misalnya sanksi atau denda dan keterlambatan waktu pengembalian buku yang hanya dikakukan dengan scan barcode. Sehingga dapat mengatasi antrean pemustaka dan juga dapat menghemat waktu dan tenaga pustakawan dalam pekrjaannya.

Kata kunci: dampak otomasi; slims; integrated library system (inlislite); perpustakaan sekolah


References


Astari, Unzilla., & Yanuar Yoga, P. (2016). Dampak Implementasi Otomasi Di Perpustakaan Sma Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan,vol. 5, no. 1, pp. 61-70.

Bafadal, I. (2001). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Duval, Beverly K., Main, Linda. (1992)Automated Library Systems : a Librarian’s Guide and Teaching Manual, Meckler, London.

Noviana, Rizka dan Athanasia O. P. Dewi (2016). Dampak Perubahan Sistem Otomasi Limas Ke Inlis Lite Bagi Kinerja Pustakawan Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15175. Di akeses pada tanggal 25 januari 2021

Rohanda, 2010. Fungsi dan Peranan Perpustakaan. http. www. Dunia Perpustakaan. Com

Sari, Anur.(2017). Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Http://Eprints.Uad.Ac.Id/5238/1/ANUR%20SARI%20%281300005130%29.Pdf.Di Akses Tanggal 28 Januari 2021.

Setiawan, Didik (2015) Analisa Hidrolik Sistem Lifter Pada Farm Tractor Foton FT 824, Universitas Muhammadiya Surakarta

Sulistyo-Basuki. (1994). Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyadi. (1982). Pengantar pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Malang

Yuniwati., & Suwondo. (2012). Otomasi Perpustakaan. LPM dg BKD Kab. Wonosobo (YY)-des. http://eprints.undip.ac.id/45037/1/PENG_OTOMASI_PERPUSTAKAAN_sekolah.pdf Di akses pada tanggal 28 2021 pukul 22.01


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1359 times
PDF Download : 583 times

DOI: 10.30742/tb.v5i1.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.