Strategi Promosi di Jogja Library Center: Penelitian Kualitatif Manajemen Strategi Promosi Perpustakaan di Jogja Library Center

Afifah Dhiyaa Nabiha(1),


(1) Universitas Padjadjaran
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian pada Jogja Library Center adalah untuk mengetahui proses kegiatan manajemen strategi yang meliputi analisis dan identifikasi lingkungan, penyusunan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian strategi oleh perpustakaan. Dalam penelitian ini peneliti akan berfokus pada proses manajemen strategi promosi, serta menganalisa pelaksanaan dan masalah yang muncul selama pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan. Dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa Jogja Library Center melaksanakan proses penyusunan strategi melalui 4 langkah, yaitu menganalisa dan mengidentifikasi lingkungan, menyusun strategi promosi, mengimplementasi strategi promosi, serta mengevaluasi dan mengendalikan strategi promosi di perpustakaan. Adapun masalah yang muncul selama kegiatan promosi berkaitan dengan belum ditentukannya target dan segmentasi pasar, belum adanya kegiatan yang bersifat terbuka di halaman perpustakaan, dan kurangnya intensitas dalam mengunggah konten di media sosial. Dengan munculnya masalah ini maka peneliti memberikan saran terkait penentuan target dan pelaksanaan segmentasi pasar, pengadaan kegiatan yang dapat menarik perhatian wisatawan di jalan Malioboro, dan penambahan intensitas dalam pembuatan konten khusus Jogja Library Center di media sosial Balai Layanan Perpustakaan DIY.


References


Ahmad, H. (2019). Strategi Promosi Perpustakaan Pustakalana Dalam Menarik Minat Kunjung Pemustaka. Universitas Padjadjaran.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (cet. 14). Alfabeta.

Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. CV Pena Persada.

David, F. R. (2012). Konsep Manajemen Strategis. Salemba Empat.

Fadhilah, B. (2019). Strategi Promosi Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara. Universitas Padjadjaran.

Hunger, D. J., & Wheelen, L. T. (2012). Strategic Management and Business Policy (13th Ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Ed. 12). Indeks.

Kotler, P., & Kotler, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Purwanggono, C. J. (2021). Konsep Dasar Manajemen Strategis. Bintang Pustaka MAdani.

Puspitasari, D. (2021). Strategi Promosi UPT Perpustakaan UMM pada Masa Pandemi Covid-19. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(1).

Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. CV Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Riski, M. A. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan Khusus: Studi Pada Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Penerbit Andi.


Full Text: Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 398 times
Fulltext Download : 332 times

DOI: 10.30742/tb.v6i2.2440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.