PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU PENUNJANG BAGI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA: STUDIKASUS DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI LARANGAN TOKOL 1 KECAMATAN TLANAKAN PAMEKASAN MADURA
DOI:
https://doi.org/10.30742/tb.v2i2.552Abstract
Dunia pendidikan dasar di era globalisasi sekarang ini siswa pada tingkat sekolah dasar memperoleh banyak informasi baik secara formal dari guru sebagai pengajar, teman, maupun dari masyarakat di lingkungan sekolah juga secara informal melalui kemajuan teknologi semisal radio, televisi dan internet. Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi siswa, guru dan karayawan sekolah harus menyediakan perpustakaan Perpustakaan sekolah memiliki komponen komponen penting yang harus dimiliki salah satu komponen yang sangat penting dalam perpustakaan sekolah adalah ketersediaan koleksi. Ketersediaan koleksi meliputi hal dalam kesiapan bahan pustaka, pemanfaatan dan pendayagunaan koleksi perpustakaan oleh pemustaka. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan koleksi bagi kebutuhan informasi pemustaka yang meliputi kelengkapan, kemutakhiran dan rasio perbandingan jumlah koleksi dengan jumlah siswa dengan mengambil lokasi penelitian di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dekriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kelengkapan, kemutakhiran dan rasio ketersediaan koleksi buku penunjang di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura reratanya adalah baik sehingga menimbulkan pengaruh yang baik pada peningkatan prestasi siswa siswi Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura.
Kata Kunci : Ketersediaan Koleksi, Perpustakaan Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.


