PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU PENUNJANG BAGI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA: STUDIKASUS DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI LARANGAN TOKOL 1 KECAMATAN TLANAKAN PAMEKASAN MADURA

Yanuastrid Shintawati(1),


(1) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Corresponding Author

Abstract


Dunia pendidikan dasar di era globalisasi sekarang ini siswa pada tingkat sekolah dasar memperoleh banyak informasi baik secara formal dari guru sebagai pengajar, teman, maupun dari masyarakat di lingkungan sekolah juga secara informal melalui kemajuan teknologi semisal radio, televisi dan internet. Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi siswa, guru dan karayawan sekolah harus menyediakan perpustakaan Perpustakaan sekolah memiliki komponen komponen penting yang harus dimiliki salah satu komponen yang sangat penting dalam perpustakaan sekolah adalah ketersediaan koleksi. Ketersediaan koleksi meliputi hal dalam kesiapan bahan pustaka, pemanfaatan dan pendayagunaan koleksi perpustakaan oleh pemustaka. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan koleksi bagi kebutuhan informasi pemustaka yang meliputi kelengkapan, kemutakhiran dan rasio perbandingan jumlah koleksi dengan jumlah siswa dengan mengambil lokasi penelitian di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dekriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kelengkapan, kemutakhiran dan rasio ketersediaan koleksi buku penunjang di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura reratanya adalah baik sehingga menimbulkan pengaruh yang baik pada peningkatan prestasi siswa siswi Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kabupaten Pamekasan Madura.

 

Kata Kunci : Ketersediaan Koleksi, Perpustakaan Sekolah.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1703 times
PDF Download : 2060 times

DOI: 10.30742/tb.v2i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.